Soal Dana Pemda Ngendon di Bank, Jatim & Jabar yang Terburuk!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
26 November 2021 17:25
INFOGRAFIS, Anggaran Penanganan Covid-19 2021 Foto: Infografis/ Anggaran Penanganan Covid-19/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - DKI Jakarta menjadi daerah dengan realisasi penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) terbaik di tanah air. Sementara yang terburuk adalah Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar) dan Papua.

Hal ini terlihat dari data yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai realisasi APBD, pada Kamis (25/11/2021).


Secara keseluruhan, per akhir 31 Oktober 2021 simpanan pemda di perbankan sebesar Rp 226,71 triliun. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya Rp 194,12 triliun.

"Dana Pemda di perbankan yang mencapai Rp 226,7 triliun ini adalah angka tertinggi. Lebih tinggi dibandingkan Juni kemarin bapak Presiden menyampaikan," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menyentil Pemda akibat simpanan daerah yang tinggi. Sedangkan belanja masih sangat rendah padahal dibutuhkan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional.

Simpanan Pemda yang disentil oleh Jokowi ini terjadi pada Juni yang tercatat sebesar Rp 190,13 triliun, kemudian turun menjadi Rp 173,73 triliun. Lalu pada Agustus simpanan Pemda naik tipis menjadi Rp 178,95 triliun di September naik lagi menjadi Rp 194,12 triliun.

Dok. KemenkeuFoto: Dok. Kemenkeu
Dok. Kemenkeu

Jawa Timur menjadi yang terburuk, terlihat dari nilai dana yang tersimpan di bank dibandingkan kebutuhan biaya operasional 2 bulan ke depan. Selisih dana di daerah yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa tersebut mencapai Rp 13,32 triliun. Jabar menjadi yang terburuk kedua dengan selisih sekitar Rp 5 triliun.

Terbalik dari dua daerah tersebut, DKI Jakarta justru lebih banyak menyalurkan belanja dibandingkan yang tersimpan di perbankan.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading