Pak Jokowi, Endapan Duit Pemda di Bank Cetak Rekor Lagi nih..

News - Lidya Julita S., CNBC Indonesia
25 November 2021 20:50
coin piles and glass for investment in the future.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menyentil Pemerintah Daerah terkait simpanan yang melonjak tajam di akhir Oktober 2021. Bahkan, nilainya lebih tinggi dari yang sebelumnya disoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari catatan Kementerian Keuangan, per akhir 31 Oktober 2021 simpanan Pemda di perbankan mencapai sebesar Rp 226,71 triliun, naik dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya Rp 194,12 triliun.

"Dana Pemda di perbankan yang mencapai Rp 226,7 triliun ini adalah angka tertinggi. Lebih tinggi dibandingkan Juni kemarin Bapak Presiden menyampaikan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/11/2021).


Sebelumnya, Jokowi menyentil Pemda akibat simpanan daerah yang tinggi. Sedangkan belanja masih sangat rendah, padahal dibutuhkan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional.

Simpanan Pemda yang disentil oleh Jokowi ini terjadi pada Juni yang tercatat sebesar Rp 190,13 triliun, kemudian turun menjadi Rp 173,73 triliun. Lalu pada Agustus simpanan Pemda naik tipis menjadi Rp 178,95 triliun, kemudian di September naik lagi menjadi Rp 194,12 triliun.

Namun, Sri Mulyani berharap simpanan Pemda bisa diturunkan dan belanja daerah dinaikkan, sehingga pemulihan ekonomi tidak hanya fokus dari pemerintah pusat.

"Sekarang melonjak di Rp 226 triliun, kita akan melihat nanti bulan November dan Desember. Kalau lihat pattern-nya November belum turun secara drastis, baru nanti bulan Desember banyak terjadi pembayaran-pembayaran," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading