Ada 'Kiamat' Minyak Goreng Curah, Pengusaha Sempat Resah!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
26 November 2021 13:30
Pekerja menyelesaikan pembuatan kerupuk di salah satu pabrik dikawasan Jakarta, Selasa (16/11/2021). Harga minyak goreng curah terbus Rp 18 ribu per kilogram (kg). Hal itu berdampak pada produsen kerupuk.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perdagangan memastikan pada 1 Januari 2022 minyak curah tidak boleh lagi diperdagangkan, melainkan wajib menggunakan kemasan. Sehingga produsen ramai-ramai menambah investasi untuk pengepakan.

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (Gimni), Sahat Sinaga, mengatakan pada dasarnya pengusaha menyambut baik aturan yang sudah dikeluarkan sejak 2020 lalu itu. Dengan adanya kepastian ini membuat pengusaha yakin menambah investasi dalam pengepakan.

"Ini berkali-kali tertunda sehingga industri takut kalau investasi, aturan ini benar jalan atau tidak. Kita minta Kemendag supaya tidak mundur lagi dari 1 Januari 2022, sehingga pengusaha dari GIMNI dan AIMNI siapkan kapasitas (pengepakan)," katanya kepada CNBC Indonesia dalam webinar Nasional, Akselerasi Kualitas Olahan Minyak Nabati, Jumat (26/11/2021).


Sahat menjelaskan pasar minyak goreng tradisional mencapai 2,4 juta ton per tahun, atau kira-kita mencapai 3 miliar liter. Dari perhitungannya dengan pasar sebesar itu, per tahun membutuhkan 2.300 packing line atau 800 pack per menit.

Ia bilang hal ini bukan pekerjaan mudah, untuk mengemas seluruh minyak goreng itu, sehingga butuh investasi untuk mengembangkan kapasitas pabrik.

"Saya kira ini suatu sinyal kuat bisa mengurangi keraguan industri untuk segera melakukan investasi tambahan untuk menutup kebutuhan. Semua secara gradually bisa dilakukan," katanya.

Namun diakui kalau potensi kekurangan itu minyak goreng karena permintaan yang besar sementara produksi belum bisa mengejar bisa terjadi. Di lain sisi, pengusaha juga sudah mendapatkan penjelasan kalau stok minyak goreng curah masih boleh dihabiskan hingga kuartal I dan pada kuartal II sudah tidak boleh dijual curah.

"Dengan kejelasan tidak mundur lagi dari 1 Januari 2022 maka industri akan segera berbenah menambah packing line, pemerintah kabupaten juga bisa kembangkan UMKM yang melakukan packing sebagai additional job di masyarakat," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(emy/emy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading