Internasional

Meledak! Covid di Jerman Rekor 50 Ribu Lebih Sehari

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
11 November 2021 13:55
A sign helps passengers to find the COVID-19 test center at the airport Tegel in Berlin, Germany, Saturday, Aug. 8, 2020. From Saturday Aug. 8, on COVID-19 tests are mandatory for passengers coming from a country classified as high risk country. (AP Photo/Markus Schreiber)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan kasus Covid-19 di Jerman masih terus terjadi. Dalam laporan terbaru Kamis, (11/11/2021), Negeri Sungai Rhein itu memecahkan rekor infeksi dengan penemuan 50.196 kasus dalam 24 jam terakhir.

Ini merupakan rekor tertinggi semenjak pandemi menyerang negara itu 2020. Selain itu, tren kenaikan kasus mingguan juga sudah mencapai di atas 200 kasus per 100 ribu penduduk.


Mengutip Worldometers, saat ini ada 362.052 kasus aktif Covid-19 Jerman. Selama pandemi menyerang, telah ditemukan 4,8 juta kasus dengan 97 ribu kematian.

Lonjakan ini sendiri membuat rumah sakit mulai mengeluhkan kondisi yang mereka sebut sudah sangat melelahkan ini. Bahkan Jerman disebut-sebut mulai memasuki gelombang baru pandemi.

"Sangat sulit untuk membuat staf termotivasi untuk merawat pasien sekarang di gelombang keempat ini," kata Prof Sebastian Stehr, kepala Departemen Anestesiologi dan Kedokteran Perawatan Kritis di Rumah Sakit Universitas Leipzig.

Sementara itu, pemerintah Jerman kali ini mulai masuk pada perdebatan untuk kembali memperketat protokol kesehatan. Beberapa ahli kesehatan mengingatkan bahwa lonjakan korban jiwa akibat Covid bisa melambung jika pengetatan penguncian tidak dilakukan.

"Seratus ribu kematian dapat terjadi jika tidak ada solusi tambahan yang ditemukan," pungkas ahli kesehatan, Dr. Drosten kepada New York Times.

Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn secara terbuka menyalahkan orang-orang itu atas melonjaknya kasus. Ia menggambarkan situasi saat ini sebagai "pandemi warga yang tidak divaksinasi".


[Gambas:Video CNBC]

(tps/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading