Internasional

Kematian Covid Jerman Rekor, Tertinggi sejak Februari

News - Thea Fathanah Arbrar, CNBC Indonesia
08 December 2021 16:55
Lonjakan kasus Covid-19 di Jerman. (AP/Frank Molter)

Jakarta, CNBC IndonesiaJerman mencatat kematian Covid-19 tertinggi, Rabu (8/12/2021). Negeri Panser mencatat 527 warga meninggal akibat corona, tertinggi sejak 12 Februari.

Dari data Institut Robert Koch, kasus baru harian juga dilaporkan kembali naik dibanding seminggu sebelumnya 69.601. Ini lebih banyak 2.415 dibanding Rabu pekan lalu.



Sebelumnya, Jerman awal pekan ini telah melakukan penguncian (lockdown) nasional pada warga yang tidak divaksin. Dalam beberapa bulan ke depan, pemerintah juga akan melakukan wajib vaksin.Mereka yang tidak divaksin akan dilarang mengakses banyak hal, mulai dari swalayan hingga apotek. Ini untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Hal ini diumumkan bersama kanselir Jerman saat ini Angela Merkel dan penggantinya Olaf Scholz, sejak Kamis 2 Desember. Keputusan diambil pasca pembicaraan krisis dengan pemimpin regional.Mereka yang pulih dari Covid-19 tidak masuk dalam larangan itu.

Wajib vaksin kemungkinan akan berlaku Februari 2022.Orang-orang yang tidak divaksin juga hanya bisa bertemu dua orang dari rumah tangga berbeda. Bar dan klub malam ditutup di wilayah di atas 350 kasus per 100.000 orang selama satu minggu.

Acara besar juga akan dibatasi. Termasuk pertandingan sepak bola.

"Kami telah memahami bahwa situasinya sangat serius dan kami ingin mengambil tindakan lebih lanjut selain yang sudah diambil," kata Merkel kepada wartawan pada konferensi per.

"Gelombang keempat harus dipatahkan dan ini belum tercapai," tambahnya.

Mengutip Worldometers, Jerman mencatat lebih dari 6,2 kasus Covid-19 dengan 104 ribu kematian. Kasus aktif saat ini sebesar 996.000 orang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Meledak! Covid di Jerman Rekor 50 Ribu Lebih Sehari


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading