Pengakuan Pemerintah: Tahun Lalu Covid Kita Anggap Enteng

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 August 2021 16:30
Infografis/Pakai Masker Yang Benar! Cegah Varian Delta dengan Masker Double/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Raden Pardede mengakui awalnya pemerintah memperkirakan Covid-19 hanya berlangsung paling lama setahun yakni di tahun 2020 saja.

Namun, ternyata hingga saat ini semua negara di dunia masih dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di negaranya masing-masing. Apalagi muncul varian baru yang bahkan lebih ganas dari varian asli seperti delta.

"Tahun lalu kita anggap enteng dan menganggap setahun (selesai), tapi ternyata tahun ini masih alami (Covid-19)," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (13/8/2021).


Bahkan, kemungkinan besar virus ini masih akan hidup berdampingan dengan masyarakat dunia termasuk Indonesia hingga tahun depan.

"Tahun depan mungkin sebagian besar negara masih mengalami (pandemi Covid-19). Karena sekarang ada varian baru delta yang bikin pusing," kata dia.

Oleh karenanya, saat ini yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk bisa hidup berdampingan dengan virus sembari tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat. Tentunya ini dilakukan sejalan dengan percepatan program vaksinasi agar kekebalan komunal tercapai dan diharapkan varian baru yang lebih ganas tidak muncul.

"Semoga nggak ada varian lainnya seperti delta plus, z dan varian-varian lain. Kalau tidak ada itu perkiraan kita bisa selesai lebih cepat," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Nah Loh! Dana Buat Lacak Kasus Positif Covid Baru Terserap 3%


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading