Super Air Jet Rusdi Kirana Siap-Siap Terbang, ke Mana Saja?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
28 June 2021 17:40
Super Air Jet. Ist Foto: Super Air Jet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan baru Super Air Jet sudah mendapatkan sertifikat Air Operator Certificate (AOC) atau izin operasi komersial maskapai. Maskapai yang mengklaim akan menjual tiket paling murah ini semakin dekat dalam beroperasi. Super Air Jet selama ini santer dikabarkan sebagai bentukan pemilik Lion Air Rusdi Kirana.

Super Air Jet dan perusahaan penerbangan carter Flyindo Aviasi Nusantara (FAN) sebelumnya dikabarkan mendapatkan suntikan dana dari pemilik Lion Air Group tersebut senilai Rp 968 miliar atau setara dengan US$ 67,8 juta (kurs Rp 14.400/US$).

Transfer dana senilai total Rp 968 miliar dari rekening Lion Mentari di PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), terjadi pada 2 Februari dan dilakukan dalam dua transaksi dengan Rp 518 miliar dibayarkan ke Super Air Jet dan Rp 450 miliar ke FAN. 

Kabag Humas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Budi Prayitno menjelaskan dengan AOC maskapai bisa melayani penerbangan. Tapi harus mengajukan izin rute dulu ke bandara dan Kementerian Perhubungan.

"Maskapai bisa melayani penerbangan setelah mendapatkan izin rute penerbangan yang diajukan secara online. Sampai saat ini SAJ belum mengajukan izin rute," kata Budi kepada CNBC Indonesia, Senin (28/6/2021).

Dia juga belum bisa memberikan kepastian maskapai ini bisa beroperasi. Karena tergantung dari manajemen maskapai itu sendiri yang akan mengumumkan. Tapi maskapai ini dalam keterangan resmi memastikan kalau akan penerbangan pertama akan dilakukan dalam waktu dekat.

Mengutip website maskapai superairjet.com, maskapai sudah memberikan bocoran rute mana saja yang akan diambil. Mulai dari Jakarta, Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, dan Padang. Tapi pembelian tiket secara online belum bisa dilakukan.

"Online booking will be available soon," tulis website itu.

Tapi melihat harga yang ditawarkan maskapai ini benar-benar masuk dalam Low Cost Carrier (LCC) yang menyasar anak muda. Melihat harga tiket yang dipatok mulai dari Rp 252 ribu sampai Rp 536, walaupun ini harga promosi untuk tahapan awal.

Pengamat Penerbangan Arista Atmadjati, menjelaskan setelah pengajuan AOC ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum maskapai ini lepas landas. Pertama harus mengajukan izin rute yang diterbangi juga informasi jajaran board of director, terutama direktur operasi.

"Karena direktur operasi harus punya sertifikasi pilot, direktur teknik juga harus ada sertifikasi teknisi juga," katanya kepada CNBC Indonesia.

Selain itu merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) seperti pilot dan petugas maskapai, dengan komposisi yang harus sesuai dengan jumlah dan jenis pesawat. Lalu mengurus airworthiness atau kelayakan terbang dari sisi safety.

Selain itu mengurus registrasi pesawat atau registrasi PK nomor yang berada di ekor pesawat yang diusulkan Dirjen Hubungan Darat, juga sertifikasi pilot, flight attendant, mekanik yang sesuai dengan tipe pesawat.

Arista juga menilai jika jadi beroperasi di tahun ini masih menjadi langkah yang tepat. Walaupun kondisi permintaan minim seperti yang dialami maskapai lainnya. Tapi tapi momen ini dijadikan pengenalan brand yang lebih dalam kepada masyarakat, terlebih dengan embel-embel harga tiket paling murah.

"Langkah SAJ ini memang anti mainstream tidak text book marketing. Apalagi mungkin pemodalnya kuat," kata Airsta.

"Tidak menutup kemungkinan SAJ 3 tahun pertama itunganya memang rugi dulu, tapi bisa jadi setelah tiga tahun atau di 2024 SAJ sudah dikenal brand-nya karena masyarakat sudah mencoba produknya dan tancap gas setelah itu," tambahnya.

Selain itu menurut Ariesta kemungkinan dari sisi ongkos leasing pesawat juga saat ini terbantu. Karena banyak pesawat menganggur yang dikembalikan atau ditarik ke para lessor.

"Bisa juga terbantu dari ongkos leasing di dunia drop, murah karena banyak pesawat nganggur. Ya pasti murah banyak yang diparkir," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lion Bantah, Super Air Jet Seberapa Super Maskapai Baru Ini?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading