Saat Maskapai Berdarah-Darah, Super Air Jet Terbang Perdana!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
06 August 2021 20:52
Super Air Jet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan baru Super Air Jet yang dibentuk oleh pemilik Lion Air Group, pengusaha Rusdi Kirana akhirnya terbang perdana hari ini Jumat (6/8). Maskapai ini memulai debut bersejarahnya di tengah pembatasan sosial atau PPKM saat pandemi Covid-19 yang banyak membuat maskapai berdarah-darah.

Super Air Jet memulai tonggak sejarah penerbangan perdananya dengan melayani rute penerbangan favorit, dari Jakarta - Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, di Tangerang (CGK) untuk tujuan: Medan (KNO) melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara dan Batam (BTH) melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Kepulauan Riau.

"Medan dan Batam sebagai kota tujuan paling banyak diminati oleh para milenial. Rute ini mempunyai karakter peluang pasar penerbangan domestik yang besar dan masih ada serta Karena jaringan dan daerah tersebut sudah dikenal dan disukai orang banyak, akhirnya dikenal sebagai rute super populer," kata Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari dalam pernyataan resminya, Jumat (6/8).


Super Air Jet beroperasi dengan frekuensi terbang 1 (satu) kali setiap hari, yang dilayani pergi pulang (PP), menggunakan Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Sebelumnya maskapai ini sudah mendapatkan sertifikat Air Operator Certificate (AOC) atau izin operasi komersial maskapai dan siap terbang perdana.

Selain dua tujuan perdana itu, ada destinasi lain yang jadi rencana maskapai baru ini yaitu:

  • Palembang melalui Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM)
  • Padang melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau (PDG)
  • Pontianak - Bandar Udara Internasional Supadio (PNK)

Kabar mengenai pembentukan maskapai baru oleh pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana sudah santer sejak Oktober 2020. Kala itu sempat beredar desain pesawat dengan nama maskapai Super Air Jet, menggunakan hasil pabrikan Airbus dan Boeing.

Gambar tersebut diunggah oleh Pengamat Penerbangan, Gerry Soejatman, dalam akun Twitternya.

"Yesterday we saw #SuperAirJet in #Airbus #A320. How would it look like with a #Boeing #737NG ? Looks interesting but I am certain, this is an early concept livery and the airline itself might be different from what we're seeing today. Graphics courtesy of @Eka_viation," tulis Gerry


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Super Air Jet Muncul Saat Maskapai 'Berdarah-Darah', Kenapa?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading