Terungkap Super Air Jet Maskapai Baru RI, Begini Faktanya!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
03 May 2021 15:04
Super Air Jet. Ist Foto: Super Air Jet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar santer soal kemunculan maskapai baru Super Air Jet akhirnya terungkap. Super Air Jet yang didirikan Maret 2021 akan segera terbang guna melayani rute Tanah Air.

Dengan konsep berbiaya paling rendah (super cost), maskapai ini membidik anak mudamilenial. Meski dalam waktu dekat hanya melayani penerbangan lokal, ke depan Super Air Jet akan melayani rute internasional.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati membenarkan soal maskapai baru ini.


"Saat ini Super Air Jet sedang dalam proses mendapatkan AOC atau Air Operator Certificate atau izin operasi komersial. Masih ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi," kata Adita kepada CNBC Indonesia, Senin (3/5).

Namun, Adita belum bisa memastikan kapan resminya Super Air Jet bisa mengudara. Apalagi saat ini dunia penerbangan masih berdarah-darah di tengah pandemi.

"Tergantung airline nya seberapa cepat memenuhi persyaratan," katanya saat ditanya berapa lama proses AOC selesai.

Super Air Jet didirikan pada Maret 2021, telah memiliki kode penerbangan "IU" dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional) dan "SJV" dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

Saat ini, Super Air Jet tengah mempersiapkan fase bersiap untuk lepas landas melalui berbagai tahapan dan prosedur yang dibutuhkan berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam rangka mempersiapkan penerbangan perdana, yang dijadwalkan dalam waktu dekat.

Kabar mengenai pembentukan maskapai baru oleh pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana sudah santer sejak Oktober 2020. Kala itu sempat beredar desain pesawat dengan nama maskapai Super Air Jet, menggunakan hasil pabrikan Airbus dan Boeing.

Gambar tersebut diunggah oleh Pengamat Penerbangan, Gerry Soejatman, dalam akun Twitternya.

"Yesterday we saw #SuperAirJet in #Airbus #A320. How would it look like with a #Boeing #737NG ? Looks interesting but I am certain, this is an early concept livery and the airline itself might be different from what we're seeing today. Graphics courtesy of @Eka_viation," tulis Gerry.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading