Sopir Kontainer Dikalungin Celurit, RI Susah Jadi Negara Maju

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 June 2021 14:31
Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/2/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meradang lagi. Kali ini Kepala Negara geram karena hambatan logistik di Indonesia masih saja terjadi, masalah yang belum kelar selama bertahun-tahun.

Dalam kunjungan ke Tanjung Priok, eks Gubernur DKI Jakarta itu menerima keluhan dari pelaku usaha logistik. Pungutan liar alias pungli ternyata masih marak, dan menjadi beban buat dunia usaha. Ongkos logistik dan transportasi menjadi lebih tinggi, tidak efisien.


Agung Kurniawan, seorang sopir kontainer lantas mengacungkan tangan dan menyampaikan keluh kesahnya selama menjadi sopir kontainer. Pria kelahiran Ngawi 38 tahun silam ini menjelaskan bahwa para sopir kontainer kerap menjadi sasaran tindak premanisme.

"Begitu keadaan macet, di depannya ada yang dinaiki mobilnya. Naik ke atas mobil bawa celurit, nggak ada yang berani menolong. Padahal depan, belakang, samping itu kendaraan semua," ungkap Agung.

Tidak hanya preman, pungli juga dilakukan oleh mereka yang berseragam. Misalnya di depo penampungan kontainer. Para karyawan depo sering meminta imbalan berupa uang tip agar laporan bisa diproses segera.

"Kita kan bawa kontainer nih, kosongan lah atau pun mau ambil (dalam keadaan) kosongan. Itu harus ada uang tip. Kadang-kadang Rp 15.000, ada yang Rp 20.000. Kalau nggak dikasih ya masih dikerjakan, cuma diperlambat.," jelas Abdul Hakim, sesama pengemudi truk kontainer.

Mendengar laporan itu, Jokowi bertindak cepat. Jokowi langsung menghubungi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Saya di Tanjung Priok, banyak keluhan dari para driver kontainer yang berkaitan dengan pungutan liar. Pertama itu. Kedua, juga kalau pas macet itu banyak driver yang dipalak preman-preman. Keluhan-keluhan ini tolong bisa diselesaikan. Itu saja Pak Kapolri," tegas Jokowi.

Halaman Selanjutnya --> Pungli Bukan Cuma Problema Indonesia

Pungli Bukan Cuma Problema Indonesia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading