Energy Corner

Kupas Tuntas Peran Biodiesel Untuk Kemandirian Energi

News - rah, CNBC Indonesia
06 June 2021 20:23
Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Demi mendorong penggunaan energi ramah lingkungan, pemerintah terus memperluas pemanfaatan biodiesel. Penggunaan tidak berhenti di pencampuran Fatty Acid Methyl Esters (FAME) 30% atau dikenal dengan program B30, tapi akan berkembang menjadi B40, B50, sampai B100 yang 100% berbasis minyak sawit.

Program ini diharapkan dapat mendukung kemandirian energi dan menggunakan energi yang lebih bersih ramah lingkungan yang berasal dari sumber daya alam nasional. Penggunaan biodiesel ini pun sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir dan diterima masyarakat, hal ini terlihat dari peningkatan penggunaan setiap tahunnya.

Apalagi Indonesia memiliki sumber daya kelapa sawit yang melimpah yang bisa menjadi salah satu produsen biodiesel terbesar di dunia.


Namun, bagaimana sebenarnya peran biodiesel dalam mendukung kemandirian energi dan melepaskan dari ketergantungan impor?

Media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia menyelenggarakan diskusi ekslusif dengan tema 'Biodiesel Untuk Kemandirian Energi', pada Senin 7 Juni 2021. Diskusi ini akan menghadirkan narasumber yang menarik dan berkompeten di bidangnya, dan akan dipandu oleh anchor CNBC Indonesia, Erwin Suryabrata.

Akan hadir Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana yang akan membahas mengenai potensi peningkatan program campuran biodiesel, dari B30 menjadi B40, hingga B100. Bagaimana peta jalan pengembangan energi baru terbarukan yang telah dikembangkan pemerintah melalui ESDM. Bukan hanya itu, akan dibahas pula masalah kajian harga ketika program ini dikembangkan dan potensi nilai ekspornya.

Selain itu akan hadir Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra, yang akan membahas bagaimana perkembangan B30 yang dijalankan perusahaan. Mulai dari realisasi penjualan hingga bagaimana kesiapan Pertamina untuk menyiapkan penjualan B40 dan B50.
Tantangan dan potensi apa saja yang dihadapi Pertamina dalam mendukung penggunaan Biodiesel dalam mendorong kemandirian energi dalam negeri.

Hadir pula anggota DPR Komisi VII Kardaya Warnika yang akan menyoroti perkembangan penggunaan biodiesel di tanah air selama ini. Akan dibahas pula mengenai nilai keekonomian biodiesel untuk mendukung kemandirian energi, dan juga bagaimana transparansi harga biodiesel selama ini serta ke depannya seiring dengan peningkatan penggunaan.

Rangkaian dialog ekslusif ini bisa disaksikan di segmen Energy Corner Special Edition New Energy, Senin (07/6/2021), pukul 08:15-09:15 WIB. Diskusi "Biodiesel untuk Kemandirian Energi' dapat disaksikan secara Live melalui CNBC Indonesia TV dan CNBCIndonesia.com



Artikel Selanjutnya

Bedah Tuntas Peluang Mobil Listrik & Hilir EBT


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading