Internasional

Ini Negara Penguasa Ekonomi Dunia Pasca Covid, AS atau China?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 April 2021 14:32
Chinese and U.S. flags flutter near The Bund, before U.S. trade delegation meet their Chinese counterparts for talks in Shanghai, China July 30, 2019.  REUTERS/Aly Song

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Covid-19) telah menggoyang peringkat 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Karena pandemi ini telah membuat banyak negara jatuh ke resesi terburuk dalam sejarah.

Dilansir dari CNBC International, Rabu (21/4/2021), perekonomian dunia masih dikuasai oleh empat negara, yakni Amerika Serikat (AS), China, Jepang, dan Jerman. Namun ada yang berubah dalam posisi 10 besar ekonomi terbesar dunia sebelum pandemi (2019) dan setelah pandemi (2020).


India misalnya, turun dari nomor lima menjadi nomor enam di belakang Inggris. Negeri Hindustan ini terhantam keras oleh kebijakan lockdown tahun lalu untuk menekan penyebaran Covid-19.

Untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2021, IMF memperkirakan ekonomi India bakal minus 8%. IMF memperkirakan dalam setahun ke depan ekonomi India bisa tumbuh positif 12,5%.

Namun para ekonom meragukannya, karena saat ini India tengah menghadapi gelombang kedua Covid-19 yang ganas. Kebijakan lockdown yang terpaksa dilakukan bakal menekan perekonomian negara ini.

Dalam daftar peringkat di atas, Brasil juga terlempar dari 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Dari proyeksi IMF, negeri samba ini bakal berada di luar 10 besar hingga setidaknya 2026.

Brasil dilaporkan menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbesar ketiga di dunia. Kasus kematian akibat Covid-19 di negara tersebut merupakan yang kedua terbesar di dunia.

Ekonomi Brasil minus 4,1% tahun lalu. Pada tahun ini IMF memprediksi ekonomi Brasil tumbuh 3,7%.

Kemudian Korea Selatan (Korsel) masuk dalam negara dengan 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia, peringkatnya nomor 10. Korsel diprediksi bakal berada di posisi 10 besar paling tidak sampai 2026.

Tahun lalu, ekonomi Korsel hanya terkontraksi sedikit yaitu minus 1%. Sementara di tahun ini diprediksi bakal tumbuh positif 3,6%.

Berikut lengkapnya:

Halaman 2>>>

Ini Daftar Lengkapnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading