Masuk ke Bisnis Emas, PT Pos Luncurkan Layanan Pos Gold

News - dob, CNBC Indonesia
16 April 2021 20:38
Warga Desa Cihowe, Ciseeng  mengantre saat pengambilan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Indonesia, dikawasan Parung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Kementerian Sosial menekankan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi terdampak Covid-19 tak akan diperpanjang. BST terakhir disalurkan pada April 2021.

Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pos Indonesia akan meluncurkan ekosistem besar bisnis dan jasa syariah, sebagai mobile ekosistem bisnis syariah pertama di Indonesia. Nantinya, yang menjadi salah satu backbone atau tulang punggung utama ekosistem bisnis PosGo Syariah adalah perdagangan fisik emas secara digital PosGold. Platform ini ditargetkan bisa menjangkau 100.000 pengguna sepanjang 2020.

Pos Gold ini dikembangkan bersama Bullion Ecosystem International, ABI Komoditi Berjangka, dan proses dukungan transaksi perdagangan difasilitasi oleh Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity & Derivatives Exchange/ICDX) serta proses kliring transaksi perdagangan dilakukan bersama Indonesia Clearing House.

Kepala Proyek Pengembangan Bisnis Syariah PT Pos Indonesia Teddy Sumirat Bassar mengatakan ICDX dan ICH dengan mitra strategis nya ABX, Australia dan Kinesis AG, Liechtenstein memberikan akses ke sistem perdagangan fisik emas international secara luas untuk PT Pos Indonesia. Pos Gold juga memberikan kepastian pasokan likuiditas pasar untuk transaksi pembelian fisik emas termasuk juga pasokan likuditas tunai untuk transaksi penjualan fisik emas secara langsung ke sistem likuiditas pasar international.


"Proteksi untuk setiap transaksi masyarakat adalah Prinsip Utama yang ditekankan dalam ekosistem Pos Go Syariah," kata Teddy, Jumat (16/04/2021).

Platform perdagangan fisik emas PosGold yang berbasis dari platform MDX terkoneksi dan terintegrasi ke sistem perbankan dan sistem logistic secara langsung, online dan real-time. Konektivitas dan integrasi sistem perdagangan fisik komoditi fisik emas yang terintegrasi dengan sistem perbankan dan sistem logistic yang diterapkan dalam platform PosGold.

Model integrasi sistem perdagangan fisik komoditi pertama di dunia dan menggabungkan dua konsep teknologi perdagangan yang berkembang saat ini di Dunia, exchange ecosystem (centralized) dan blockchain ecosystem (decentralized).

"Kami juga akan menyasar kelas premium dan mikro, premium mereka yang biasa investasi sehingga emas bisa menjadi salah satu investasi yang menarik dan mengembangkan investasi. Kalau mereka pake bisnis dengan dolar AS bisa membantu untuk membeli emas," jelasnya.

Selain Pos Gold, platform ini akan pada fase pertama akan memiliki enam fitur unggulan, yaitu Pos Gold sebagai platform perdagangan fisik emas secara digital dibawah pengawasan dan peraturan yang ditetapkan oleh BAPPEBTI, Pos Pay sebagai layanan Payment Gateway dan E-Wallet yang telah dikembangkan. PT Pos Indonesia dengan basis rekening Giro Pos, Switch sebuah bentuk layanan interaksi transfer antar pengguna, Gold To Mecca sebuah layanan jasa pengelolaan aset secara langsung oleh masyarakat untuk perjalanan ibadah Haji dan Umroh.

Kemudian ada Ziswaf sebuah layanan untuk aktifitas Zakat, Infaq, Shodagoh dan Wakaf dalam skema interaksi langsung masyarakat dengan para pengelolanya serta Halal Hub sebagai platform aktifitas transaksi bisnis dalam segala bentuk namun pelaku usaha harus tersertifikasi halal oleh Lembaga yang berkompeten.

"Kemampuan kita mengikuti kebutuhan lifestyle ini salah satunya kita melihat peluang dari bisnis syariah. Di global, bisnis syariah menunjukkan tren yang positif. Begitu juga di Indonesia," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading