Surat Cinta Jack Titanic Siap Dilelang, Nilainya Rp 220 Juta

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 April 2021 13:03
Titanic

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah surat bertanda tangan "Love, Jack" dari kisah kapal tenggelam Titanic akan dilelang.

Dilansir dari New York Post, surat itu ditulis oleh Jack Phillips kepada sang adik sebelum dirinya tewas dalam kecelakaan kapal tersebut.

Diketahui, sebelum tewas, Jack sempat mengirimkan surat kepada adik perempuan tercintanya Elsie Phillips dari Belfast di Irlandia, pada 7 Maret 1912 atau lima minggu sebelum kapal tenggelam pada 15 April 1912.


Diperkirakan, surat itu akan mendapatkan setidaknya US $ 15.000 (Rp 219 juta) pada pelelangan bulan ini.

Pria berusia 24 tahun saat itu menulis pesan manis kepada saudara kandungnya di belakang kartu pos foto mengkilap yang menunjukkan Titanic White Star Line pada hari peluncurannya di Belfast pada 31 Mei 1911.

"Sangat sibuk bekerja lembur," tulis ahli telegraf berpengalaman, yang tewas setelah kapal menabrak gunung es besar di Atlantik Utara di lepas pantai Nova Scotia.

"Berharap untuk berangkat pada hari Senin dan tiba di So'ton [Southampton, Inggris] pada Rabu sore. Semoga Anda baik-baik saja. Kudengar dari Ethel kemarin," lanjutnya. Di akhir pesan, Jack pun memberikan tanda tangan dengan kata,"Love, Jack."

Dalam tulisan kursifnya, Phillips menambahkan di panel alamat yakni "Nona E. Phillips, Sekolah Ryde Hse, Ripley, Woking, Surrey."

Kemungkinan itu adalah komunikasi terakhir mereka sebelum Jack Phillips meninggalkan Southampton dalam pelayaran perdana Titanic dengan tujuan Kota New York, Amerika Serikat.

Empat hari kemudian, mantan pegawai kantor pos, yang merayakan ulang tahun ke-25 di atas kapal yang hancur itu, membuktikan dirinya sebagai pahlawan sejati dari tragedi kapal tenggelam tersebut.

Ketika kapal mulai tenggelam, Jack bekerja dengan berani mengirim pesan nirkabel ke kapal lain untuk meminta bantuan menyelamatkan penumpang dan awak Titanic.

Salah satu telegraf itu dikirim ke Carpathia, kapal uap yang terkenal membawa sekitar 705 orang yang selamat dari sekoci dua jam setelah Titanic tenggelam pada pukul 2:20 pagi. Tercatat, total kematian diperkirakan antara 1.490 hingga 1.635 jiwa.

Phillips, yang tetap di posisinya meninggalkan kapalnya ketika air membanjiri kakinya, dan menyelamatkan diri di sekoci. Naasnya, ia tetap meninggal dunia karena terkena udara dingin yang parah.

Pemuda, yang telah bertugas di banyak kapal untuk Perusahaan Marconi sebelum ditugaskan di Titanic sebagai Chief Radio Officer, terus berhubungan dengan Elsie selama karirnya di laut.

Dia menyimpan hampir 300 kartu pos yang dia tulis kepadanya selama waktu ini, termasuk contoh "hari peluncuran" Titanic yang dia kirimkan beberapa hari sebelum uji coba laut dan pelayaran pertama dan terakhir berikutnya.

Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif di RR Auction di Boston, Massachusetts, tempat barang tersebut dijual, berkata: "Phillips sering memilih kartu pos yang menggambarkan kapal yang dia berlayar."

"Menurut penelitian kami, hanya lima dari 300 kartu pos yang disimpan oleh Elsie yang memiliki hubungan dengan Titanic, dan hanya dua yang menampilkan kapal sebagai foto depan, menjadikannya contoh yang sangat langka," kata Bobby.

Penawaran untuk kartu pos berakhir pada 14 April, dan para ahli memperkirakan akan di bawah palu untuk setidaknya US$ 15 ribu.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading