Internasional

Tensi Tinggi! Biden 'Serang' Putin, AS Usir 10 Diplomat Rusia

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
16 April 2021 03:50
Presiden terpilih Joe Biden. (AP/Evan Vucci)

Jakarta, CNCB Indonesia - Amerika Serikat (AS) resmi mengumumkan sanksi ke Rusia, Kamis (15/4/2021). Gedung Putih menyebut ini pembalasan atas campur tangan Kremlin di Pemilu AS 2020, termasuk serangan siber dan sejumlah aktivitas provokatif lain.

Washington mengusir 10 diplomat Moskow yang diduga mata-mata dan memberi sanksi ke 32 orang yang dituding mencoba mencampuri pemilihan presiden. Pemerintah Joe Biden juga memberikan tambahan sanksi berupa pembatasan pada bank-bank AS yang memperdagangkan obligasi pemerintah Vladimir Putin.


"Perintah eksekutif Biden mengirimkan sinyal bahwa AS akan mengenakan biaya dengan cara yang strategis dan berdampak secara ekonomi pada Rusia jika itu berlanjut atau meningkatkan tindakan internasionalnya yang tidak stabil," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

Ini menjadi serangan terbaru AS ke Rusia setelah era Donald Trump, yang dianggap lemah terhadap Putin, usai. Rentetan sanksi itu juga diberikan saat Biden menawarkan pertemuan tatap muka dengan Putin.

Sanksi AS juga didukung NATO. Pekan ini, kelompok itu memang mengecam Rusia karena mobilisasi besar-besaran pasukan militer ke Ukraina.

Ini menyebabkan milisi pro Rusia bentrok dengan tentara Ukraina, yang memang tengah mencoba menjadi bagian dari negara NATO. Ukraina sendiri meminta bantuan AS dan sekutu untuk menambah sanksi ke Rusia.

Departemen Keuangan Uni Eropa, Australia, Inggris dan Kanada juga menjatuhkan saksi ke delapan individu dan entitas atas pendudukan Rusia di Krimea. Area tersebut awalnya adalah bagian Ukraina namun diduduki Rusia sejak 2011.

"Kami menyerukan kepada Rusia untuk segera menghentikan perilaku destabilisasi, dan untuk menegakkan kewajiban internasionalnya," kata petinggi UE di Brussel.

Sebelumnya, Barat juga khawatir pada penahanan kritikus Putin, Alexei Navalny. Ia sempat dilaporkan diracun dengan senjata yang sering dipakai intelijen Uni Soviet.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading