Ini Titik Penyekatan Larangan Mudik di Jawa Tengah, Cek!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
14 April 2021 13:48
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan pemeriksaan terhadap pengguna kendaraan yang akan memasuki wilayah DKI Jakarta di wilayah perbatasan Bekasi-Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). Berdasarkan data Dishub Provinsi DKI Jakarta per Rabu (27/5) malam, sebanyak 6.364 kendaraan telah dikembalikan karena mencoba memasuki wilayah Jakarta tanpa memiliki Surat Izin Masuk-Masuk (SIKM) di masa arus balik Lebaran 2020. CNBC Indonesia/Tri Susilo 

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, Jabar, menyatakan, terdapat delapan check point atau penyekatan kendaraan pemudik di wilayah Karawang.  

Delapan titik check point itu di antaranya di Jembatan Tanjungpura, Jembatan Sian Djin Kupoh, Kobak Biru, Cibeet, Jembatan Rengasdengklok-Bekasi, Jembatan Batujaya-Bekasi, dan ada dua pos di Karawang Kota.  

Pencegahan pergerakan pemudik itu berkaitan dengan upaya pemerintah yang melarang mudik pada Lebaran tahun ini sebagai bagian dari mencegah penyebaran virus corona. 

Pantauan CNBC Indonesia dilapangan masih banyak pengendara yang masih melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, contoh surat Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). 

Warga yang kedapatan tidak memiliki surat (SIKM) akan diputar balik. 
Salah satu warga yang mudik dari Tegal, Jawa Tengah menggunakan sepeda motor diberhentikan oleh petugas pengaman perihal SIKM yang tidak ia miliki, tetapi dirinya mempunyai surat jalan untuk pulang ke Jakarta dari pihak kepolisian di Jawa Tengah.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jawa Tengah termasuk salah satu daerah yang banyak didatangi pemudik. Pemerintah melalui kepolisian mengantisipasi 'kebocoran' para pemudik melalui jalan tikus dengan membuat posko penyekatan.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istion mengatakan tujuan pemudik paling banyak ada di Jawa Tengah, khususnya Purwokerto dan Banyumas.

"Akan di survei jalurnya mana karena jalur tikus juga banyak," katanya mengutip detikcom, Rabu (14/4/2021).


Dia tegas tidak ada pemudik yang akan lolos melalui 'jalur tikus'. Pengetatan akan dilakukan bersama dengan Polres maupun Polsek setempat.

Direktorat Polda Jateng akan melakukan penyekatan untuk kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah. Penyekatan berlaku antar provinsi, sementara untuk masyarakat Jawa Tengah masih diperbolehkan melakukan perjalanan mudik antar kota dan kabupaten.

"Nanti modelnya kaya di Jakarta saat ada pembatasan yang akan masuk ke Jakarta harus izin kepada gubernur, nanti akan kami sounding ke gubernur ," kata Dirlantas Polda Jateng. Kombes Pol. Rudy Syafrudin, mengutik website Korlantas Polri, (6/4/2021).

Mengutip keterangan resmi Polda Jateng, ada 14 titik posko yang disiapkan untuk mencegah pemudik dari luar Jawa Tengah, di antaranya pada daerah Cirebon Kota, Perbatasan Jawa Tengah - Jawa Barat, Perbatasan Jawa Tengah - Jawa Timur, Kabupaten Rembang, Blora, Karanganyar, dan Sragen.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mudik Dilarang, Pemilik Bus Was-Was Orang Sewa Mobil Pribadi!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading