Bank Dunia: Ekonomi RI Hanya Tumbuh 4,4% di 2021

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
26 March 2021 11:55
World Bank (Reuters)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Dunia atau World Bank memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di Indonesia 2021 tidak akan bisa menyentuh angka proyeksi pemerintah, yang menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5% sampai 5,3% di tahun ini.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan hanya akan mencapai 4,4% pada tahun 2021," jelas Chief Economist Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo dalam keterangan resminya secara virtual, Jumat (26/3/2021).

Lebih lanjut Mattoo menjelaskan perekonomian global secara keseluruhan pada tahun ini tidak akan merata, terutama di dalam kawasan Asia Timur dan Pasifik. Hanya China dan Vietnam yang diperkirakan ekonominya akan pulih secara cepat.


Kendati demikian, perekonomian dunia, dari pandangan Bank Dunia diperkirakan mulai bangkit, meskipun beberapa sektor masih lambat pemulihannya. Di antaranya sektor perdagangan transportasi, dan perhotelan.

Sementara di negara-negara besar, Bank Dunia memproyeksi rata-rata pertumbuhan ekonominya berada di sekitar 5% dan sangat tergantung bagaimana masing-masing negara mengendalikan penyebaran virus Covid-19.

"Kinerja perekonomian bergantung kepada efektivitas pengendalian virus, kemampuan memanfaatkan kebangkitan perdagangan internasional, dan kemampuan pemerintah di negara masing-masing dalam memberikan dukungan fiskal dan moneter," jelas Mattoo.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading