Internasional

Pengumuman: Arab Saudi Wajibkan Jemaah Haji 2021 Sudah Vaksin

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
03 March 2021 10:05
Suasana lempar Jumrah di Mina. (AP/Ministry of Media)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Arab Saudi mewajibkan vaksinasi corona (Covid-19) bagi jemaah haji 2021. Melansir Reuters, yang mengutip Okaz, mereka yang sudah divaksin akan diizinkan melaksanakan haji.

"Vaksinasi Covid-19 diwajibkan bagi mereka yang ingin datang melaksanakan haji dan jadi syarat utama (izin masuk)," kata Kementerian Kesehatan Arab Saudi, fikutip Rabu (3/3/2021).


Sebelumnya di 2020, kerajaan kaya minyak itu mengurangi secara drastis jumlah Jemaah haji menjadi 1.000 karena pandemi corona. Arab Saudi juga sempat melarang umat Islam dari luar melaksanakan umrah, pertama kalinya sejak beberapa puluh tahun terakhir.

Pada awal Februari lalu, Arab Saudi melarang masuk warga dari 20 negara karena pandemi. Indonesia, dikutip dari Arab News, juga masuk daftar.

RI menemani sejumlah negara Eropa, Amerika Latin, Afrika Selatan, Amerika Serikat dan Jepang. Larangan itu juga berlaku untuk pelancong yang transit melalui salah satu dari 20 negara itu dalam 14 hari sebelum kunjungan ke Arab Saudi.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading