Internasional

'Harta' Ini Buat Biden Batal Hukum Putra Raja Salman?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
03 March 2021 07:55
President Joe Biden delivers remarks on immigration, in the Oval Office of the White House, Tuesday, Feb. 2, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menuai kecaman. Pasalnya, AS tak memberikan hukuman atau sanksi ke putra Raja Salman, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Semua terkait kematian Jamal Khashoggi, seorang kolumnis Washhington Post warga negara Arab Saudi, yang tewas di Istambul 2018. MBS dalam laporan CIA disebut memiliki peran penting, merestui dan menjadi dalang pembunuhan itu.


Menurut pengamat, dikutip dari CNBC International, hal ini terjadi karena Biden melihat bahwa dukungan Arab Saudi penting dalam agenda di Timur Tengah. Menurut Presiden dan CEO Dewan Atlantik Frederick Kempe tak akan ada yang bisa dilakukan AS tanpa Riyadh.

"Jika Anda ingin menahan Iran, jika Anda ingin membangun dampak positif dari normalisasi Arab-Israel melalui Abraham Accords, jika Anda ingin membawa perdamaian ke Suriah dan Yaman, hampir tidak ada yang bisa Anda lakukan di Timur Tengah (tanpa Arab Saudi)," kata pengamat itu Selasa (2/3/2021).

"Jangan lupa soal mengendalikan harga minyak. Sehingga Anda benar-benar dapat memiliki harga yang stabil untuk transisi energi ke energi terbarukan. Tidak ada yang dapat dilakukan tanpa Arab Saudi, jadi bagaimana Anda menerapkan kebijakan hak asasi manusia Anda?" dia berkata.

Sebelumnya ketika berkampanye di 2020, Biden sempat berjanji AS akan menjadikan Arab Saudi bertanggung jawab atas masalah hak asasi manusia (HAM). Persoalan HAM Arab Saudi banyak dikritik ketika Donald Trump berkuasa, karena pengusaha itu dianggap terlalu mengabaikannya.

Sebenarnya, Biden sudah memberlakukan hukuman bagi 76 pejabat Saudi yang dianggap terlibat pembunuhan itu. Namun MBS tak menjadi sasaran.

Halaman 2>>>

AS Diserbu Kecaman
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading