Zaman Lagi Susah Begini, Sudah Saatnya Tax Amnesty?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
03 March 2021 06:10
FILE PHOTO: A woman holds Indonesian rupiah banknotes at a Bank Negara Indonesia (BNI) mobile bank in Jakarta July 15, 2013.   REUTERS/Beawiharta/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Wacana pengampunan pajak alias tax amnesty muncul lagi. Apakah tax amnesty memang sudah menjadi sebuah kebutuhan yang penting bin mendesak?

Beberapa waktu lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan kajian mengenai tax amnesty disesuaikan dengan kebutuhan perekonomian nasional, termasuk dunia usaha. Apalagi sekarang dalam kondisi pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) di mana dibutuhkan kebijakan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Saya setuju soal tax (incentive), bagaimana kita bisa bicarakan cara pembayaran, keringanan. Apakah kita bikin lagi tax amnesty jilid II dan jilid III dan bentuknya seperti apa," kata Suharso.


Indonesia belum lama menuntaskan program tax amnesty. Kebijakan ini mulai berlaku tidak lama setelah Sri Mulyani Indrawati kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang PS Brodjonegoro.

Kala itu tax amnesty dibagi menjadi tiga periode. Pertama adalah pada 28 Juni-30 September 2016, kedua 1 Oktober-31 Desember 2016, dan terakhir 1 Januari-31 Maret 2017.

Tax amnesty adalah pengampunan atas Pajak Penghasilan (PPh). Mungkin dalam beberapa tahun ke belakang Wajib Pajak khilaf (atau sengaja, entahlah) tidak membayarkan PPh sebagaimana mestinya, misalnya ada harta yang belum dilaporkan.

Dengan tax amnesty, Wajib Pajak tidak perlu membayar PPh terutang plus denda. Cukup membayar uang tebusan, masalah selesai. Kembali 0-0, bersih, clean sheet, segala 'dosa' pajak diampuni.

Fasilitas yang diberikan dalam tax amnesty 2016-2017 adalah:

  1. Penghapusan sanksi administratif.
  2. Penghapusan pemeriksaan pajak untuk penindakan dengan tujuan pidana.
  3. Penghapusan segala pajak terutang.
  4. Penghapusan PPh Final untuk pengalihan harga berupa saham, bangunan, atau tanah.

Halaman Selanjutnya --> Tax Amnesty Indonesia Lumayan Sukses

Tax Amnesty Indonesia Lumayan Sukses
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading