Bisnis Hotel di Indonesia Timur Kebal Corona, Kok Bisa?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
26 February 2021 19:47
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menambah kapasitas jalan pada kawasan perkotaan metropolitan. Salah satu ruas yang siap diresmikan dan dioperasikan adalah Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 atau dikenal dengan Jalan Tol Layang Andi Pangeran (AP) Pettarani Kota Makassar, Sulawesi Selatan sepanjang 4,3 km yang akan menghubungkan  Kota Makassar dengan Pelabuhan Petikemas Soekarno Hatta Makassar dan Bandara Sultan Hassanudin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi atas peran aktif Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar dalam pembangunan tol layang tersebut.

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki awal tahun baru, industri pariwisata mendapat secercah harapan kala berlakunya libur Imlek beberapa waktu lalu. Sebagai imbasnya, Ketua Umum Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Arya Pering Arimbawa menyebut wilayah sektor perhotelan di timur Indonesia mulai bergeliat.

"Di timur okupansinya mulai oke, Makassar ada 40%, saya punya teman di Sorong, Manokwari (Papua Barat) cantik-cantik okupansinya. Di sorong malam kemarin 90%, Manokwari ngejar budget mulai achieved," Katanya kepada CNBC Indonesia, Jumat (26/2/21).

Ia menilai okupansi hotel di wilayah timur Indonesia tidak bisa disamakan dengan wilayah seperti Bali. Sejak akhir tahun lalu, kondisi pariwisata pulau Dewata memang sedang terpuruk akibat beragam kebijakan yang memperketat. Namun, hal berbeda terjadi jika melangkah ke arah yang lebih timur.


"Kupang di area tengah kota oke, pinggir kota kurang. ada bertumbuh tapi bentuknya pilihan ya, (hotel) tertentu. karena mungkin hotelnya oke memberikan paket harga yang juga oke, jadi match dengan kebutuhan pembeli," sebutnya.

Meski sudah mulai membaik bagi sebagian wilayah, namun masih banyak wilayah lain yang berada dalam krisis.  Arya berencana untuk menyampaikan kondisi tersebut kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Pada rakernas bulan Juni nanti jika memang pas waktunya, kami ingin sampaikan juga. Untuk Bali mungkin sudah, tapi wilayah lain juga banyak," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading