Internasional

Awas 'Lampu Merah' Hubungan Arab Saudi & AS, Ini Alasannya

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
18 February 2021 12:08
Presiden terpilih Joe Biden. (AP/Evan Vucci)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemberitaan mengejutkan datang dari Amerika Serikat (AS). Presiden Joe Biden melalui Sekretaris pers tiba-tiba memberi pesan serius pada Arab Saudi.

In terkait dengan siapa Biden akan berkomunikasi. Bukan dengan pemimpin de facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), Biden hanya akan berbicara dengan sang raja yakni Raja Salman bin Abdulaziz.


Dalam kepemimpinan Arab Saudi saat ini, MBS memiliki peran signifikan. Ia merupakan perdana menteri dan yang mengatur kebijakan termasuk ekonomi negara itu.

Di saat Donald Trump berkuasa menjadi presiden AS, keduanya bahkan dekat. MBS bahkan 'hadir' dalam beberapa keputusan penting Trump termasuk soal pembukaan diplomatik hubungan beberapa negara Arab dengan Israel.

Namun pesan Biden kali ini berbeda. Psaki menggambarkan hubungan dengan MBS masih dalam bentuk 'pertunangan' dan belum resmi.

"Rekan presiden adalah Raja Salman, dan saya berharap pada waktu yang tepat, dia (Biden) akan berbicara dengannya (MBS)," kata Psaki lagi saat ditanya soal posisi MBS di mata Biden.

Menurut para analis, langkah ini merupakan sesuatu yang amat berani diambil Biden. Apalagi posisi MBS sangatlah penting dalam mempengaruhi kebijakan mengenai Timur Tengah.

'Ini 'penghinaan' terhadap MBS merupakan peringatan bagi Arab Saudi," kata Torbjorn Soltvedt, analis utama MENA di Verisk Maplecroft, dalam sebuah catatan email dikutip dari CNBC International Kamis (18/2/2021).

"Ini akan dilihat sebagai ketidaksetujuan terhadap kepemimpinan MBS yang ditandai dengan pengambilan keputusan yang tidak terduga dan pendekatan konsultatif yang jauh lebih sedikit daripada di masa lalu."

Sebelumnya, dalam konferensi pers di Gedung Putih, Biden juga disebut akan segera menghubungi Raja Salman langsung melalui telepon dan bukan MBS. Pengumuman itu disampaikan seiring pengumuman komunikasi Biden dengan Israel.

Halaman 2>>

HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading