Internasional

Alamak! Iran Warning Serangan Gelombang ke-4 Corona

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
13 February 2021 21:10
Iranian President Hassan Rouhani listens during a joint press conference with Japanese Prime Minister Shinzo Abe, after their meeting at the Saadabad Palace in Tehran, Iran, Wednesday, June 12, 2019. The Japanese leader is in Tehran on an mission to calm tensions between the U.S. and Iran. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan peringatan datangnya pandemi Covid-19 "gelombang keempat". Menurutnya di beberapa daerah kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan.

"Ini adalah peringatan bagi kita semua," ujarnya, sebagaimana dikutip dari AFP, Sabtu, (13/02/2021).




Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa provinsi barat daya Khuzestan sekarang berada di zona merah. Kondisi ini terjadi setelah pada kurun waktu berminggu-minggu tingkat kewaspadaan rendah di seluruh negeri.

"Ini berarti awal dari pergerakan menuju gelombang keempat. Kita semua harus waspada untuk mencegahnya," ungkapnya.



Dia mengatakan Iran sudah kehilangan hampir 59.000 nyawa karena corona dengan kasus yang mencapai lebih dari 1,5 juta. Secara resmi Iran telah mencatatkan kurang dari 7.000 infeksi harian sejak akhir Desember 2020 namun meningkat signifikan di Februari ini.

Meski demikian, kematian harian telah di bawah 100 pada awal Januari. Angka ini menjadi level terendah sejak Juni.

Sementara itu, guna mencegah corona ,Iran menerima 100.000 dosis suntikan Sputnik V. Vaksin ini dikembangkan perusahaan Rusia.

"(Vaksin datang Lebih cepat dari jadwal" kata juru bicara kementerian kesehatan Kianoush Jahanpou.

Saat ini sudah 108 juta orang di dunia terinfeksi corona sejak virus ini muncul Desember 2019. Sebanyak 2,1 juta orang di dunia meninggal dan 80 juta sembuh.

Dari Worldometers, Iran menduduki pringkat ke-15 negara dengan penduduk terbanyak terinfeksi. Peringkat tiga besar mash diduduki AS, India dan Brasil.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tensi dengan AS Meninggi, Iran Bakal Tambah Uranium


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading