'Misteri' Penurunan Kasus Covid-19 India, Apa yang Terjadi?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
07 February 2021 13:30
A health worker shows COVID-19 vaccine in Mumbai, India, Saturday, Jan. 16, 2021. India started inoculating health workers Saturday in what is likely the world's largest COVID-19 vaccination campaign, joining the ranks of wealthier nations where the effort is already well underway. (AP Photo/Rajanish Kakade)

Herd Immunity?
Para ahli mengatakan bahwa tanpa data yang meyakinkan, tidak mungkin angka penyebaran Covid-19 di India turun drastis. Ada pandangan yang beragam terkait hal tersebut.

"Pemahaman saya, ada cukup banyak orang di India yang telah terpapar virus. Dan mungkin itulah sebabnya jumlahnya menurun," kata Ahl Virus Shahid Jameel kepada AFP.

"Tapi dengan tidak adanya jumlah yang real, sangat sulit untuk mengatakannya," katanya.

Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia Poonam Khetrapal Singh lantas memuji pemakaian masker, hingga kebersihan di India dengan mengatakan masker telah terbukti efektif dalam mengurangi penularan.

Namun, dia menambahkan, "India adalah negara yang luas dan beragam dan sulit untuk menghubungkan penurunan kasus dengan herd immunity."

India sendiri dengan cepat meluncurkan program vaksinasi dengan tujuan ambisius yakni menginokulasi 300 juta orang pada Juli mendatang.



Risiko gelombang selanjutnya?
Sebuah penelitian yang diterbitkan The Lancet pada minggu lalu mencatat munculnya gelombang selanjutnya di kota yang terpukul paling parah di Brasil, kendati prevalensi masyarakat di wilayah tersebut memiliki antibodi Covid-19.

Para ahli mengatakan, perkembangan tersebut menunjukkan India tidak boleh lengah.

"Kami tidak bisa membiarkan penjagaan kami menurun," kata Singh.

"Semakin lama kita membiarkan virus menyebar ke mana saja, semakin tinggi risiko variannya. Risiko ini nyata secara global," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading