Corona Belum Terkendali, Olimpiade Tokyo Tetap Digelar Juli

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 January 2021 21:08
A man is seen through the Olympic rings in front of the New National Stadium in Tokyo, Tuesday, March 24, 2020. IOC President Thomas Bach has agreed

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Thomas Bach mengatakan Olimpiade Tokyo yang sempat tertunda akibat pandemi virus corona (Covid-19) akan tetap berlangsung pada musim panas 2021.

"Kami pada saat ini, tidak ada alasan apapun untuk percaya bahwa Olimpiade di Tokyo tidak akan dibuka pada tanggal 23 Juli," kata Bach dalam sebuah wawancara dengan Kyodo News, Kamis (21/1/2021), sebagaimana dilansir dari AFP.

"Inilah mengapa tidak ada rencana (plan) B dan inilah mengapa kami berkomitmen penuh untuk membuat game ini aman dan sukses."


Dengan hanya enam bulan lagi hingga dimulainya Olimpiade Tokyo keraguan telah tumbuh tentang apakah acara internasional besar-besaran itu layak digelar di tengah pandemi yang masih berkecamuk di sebagian besar dunia.

Penyelenggara Tokyo sendiri tengah membuat serangkaian tindakan pengamanan yang dikatakan akan memungkinkan Olimpiade terus berjalan, bahkan jika pandemi tidak terkendali, dan tanpa memerlukan vaksinasi.

Tetapi dukungan publik di Jepang rendah, dengan sekitar 80% responden dalam pemungutan suara baru-baru ini mendukung penundaan lebih lanjut atau pembatalan langsung.

CEO Tokyo 2020 Toshiro Muto mengatakan kepada AFP bahwa penyelenggara tetap teguh dalam komitmen mereka untuk mengadakan Olimpiade musim panas ini. Bahkan pembatalan belum dibahas oleh mereka.

Namun dia mengaku tidak bisa menjamin tribun penonton akan penuh atau mengesampingkan kemungkinan Olimpiade digelar tanpa penonton. Olimpiade Tokyo nantinya akan dibuka pada 23 Juli, dengan estafet obor nasional dijadwalkan dimulai pada akhir Maret 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading