Kasus Covid Meledak, Satgas: Berpotensi Tingkatkan Kematian

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 January 2021 17:59
Wiku Adisasmito juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Corona memberi Keterangan Pers Juru Bicara terkait Update Data Covid-19 Nasiona. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, menyayangkan kasus harian Covid-19 yang terus meningkat bahkan menembus 10.000 pasien per hari.

"Mengapa saya katakan berat? karena penambahan kasus harian Ini berimbas negatif pada efektivitas penanganan Covid-19 di negara kita. Sebagai contoh, penambahan kasus positif harian berimbas pada meningkatnya keterisian tempat tidur di rumah sakit dan bertambahnya beban para petugas kesehatan. Hal ini secara langsung dapat berdampak negatif pada keseluruhan usaha penanganan atau treatment di rumah sakit tersebut," ujar Wiku dalam konferensi pers, Selasa (12/1/2020).

Menurutnya, bila kasus positif meningkat dan menyebabkan kasus rumah sakit penuh maka sangat berpotensi menaikkan angka kematian akibat Covid-19.


"Sistem kesehatan kita akan lumpuh. Apabila sistem kesehatan kita lumpuh, hal ini tidak hanya merugikan penderita Covid-19 semata, namun juga masyarakat umum yang membutuhkan perawatan akibat penyakit lain selain Covid-19, utamanya mereka yang membutuhkan pelayanan kesehatan esensial seperti penderita penyakit paru dan jantung," ujarnya.

"Apabila rumah sakit di Indonesia semakin meningkat keterisiannya, maka penanganan penyakit penyakit tersebut juga dapat menurun sehingga angka kematian di Indonesia bisa meningkat bukan semata-mata karena Covid-19 namun juga karena penyakit-penyakit lain yang tak dapat ditangani akibat penuhnya rumah sakit," ujarnya.

Sebagai informasi, kasus kematian akibat virus corona kembali mencetak rekor tertinggi, di tengah kondisi rumah sakit yang semakin penuh dan kurangnya tenaga kesehatan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Selasa (12/1/2021) hingga pukul 12.00 WIB, kasus meninggal akibat Covid-19 bertambah 302 orang dan memecahkan rekor kasus kematian harian tertinggi. Dengan pertambahan ini maka total kasus meninggal menembus 24.645 orang.

Pada hari ini, kasus positif Covid-19 bertambah 10.047 pasien. Dengan begitu, total kasus konfirmasi positif Covid-19 menembus 846.765 orang.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading