Catat! RI tak berniat Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
06 January 2021 16:20
Keterangan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, 14 November 2020. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi kembali angkat suara perihal isu normalisasi hubungan diplomatik Indonesia dan Israel. Menurut Retno, wacana itu tidak ada di dalam kebijakan diplomasi tanah air.

Hal itu dipaparkan Retno dalam pernyataan pers tahunan atau yang biasa disebut PPTM. Tahun ini, acara tersebut mengambil tema "Recover Together, Recover Stronger" mengingat pandemi Covid-19 yang masih menyelimuti dunia.

"Saya ingin sampaikan kembali bahwa hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," ujar Retno.



Menteri kelahiran Semarang, Jawa Tengah, menambahkan Indonesia akan terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two-state solution dan berdasar parameter internasional yang telah disepakati.

Bentuk nyata dukungan terhadap Palestina, menurut Retno, dibuktikan dengan pembicaraan via telepon antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Mahmoud Abbas pada 16 Desember 2020. Saat itu, Jokowi menegaskan Indonesia tidak memiliki intensi untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading