Agresi Israel

RI Rilis Joint Statement dengan Malaysia-Brunei Malam Ini!

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
16 May 2021 19:47
A view of a 11-story building housing AP office and other media in Gaza City is seen moments after Israeli warplanes demolished it, Saturday, May 15, 2021. (AP Photo/Hatem Moussa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah menghadiri pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) secara virtual pada Minggu (16/5/2021), Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi berencana mengeluarkan pernyataan bersama atau joint statement dengan Malaysia dan Brunei Darussalam.

Joint statement ini merupakan lanjutan dari komunikasi tingkat pemimpin negara. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melakukan komunikasi dengan sejumlah pemimpin yang membahas situasi Palestina.

"Menindaklanjuti komunikasi tiga pemimpin di Asia Tenggara yaitu Presiden RI, PM Malaysia dan Sultan Brunei Darussalam, maka Indonesia-Malaysia-Brunei Darussalam telah sepakat untuk mengeluarkan Joint Statement mengenai sikap ketiga negara tersebut terhadap situasi Palestina saat ini," ujar Retno.


Tak hanya itu, Retno mengatakan dalam komunikasi tersebut, Jokowi juga membahas tindak lanjut dari ASEAN Leaders Meeting dan juga proses perdamaian Afghanistan.

"Menurut rencana, kita sudah bahas pada tingkat Menteri Luar Negeri bahwa Joint Statement ini akan dikeluarkan pada malam hari ini juga," lanjutnya.

"Jadi mohon teman-teman pantau melalui tweet Presiden RI dan kemungkinan kita juga akan masukkan di dalam website atau tweet Kemenlu, retweet dari apa yang nanti disampaikan Presiden RI."

Sementara dalam pertemuan OKI, Retno mengatakan Indonesia menyampaikan tiga usulan kunci kepada negara-negara anggota OKI terkait masalah Palestina dan agresi Israel.

Usulan tersebut adalah persatuan antara negara anggota OKI mengenai masalah ini, berupaya membuat gencatan senjata, dan membantu kemerdekaan bangsa Palestina.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading