Semiskin Apa Ghana, Sampai Seks 'Dibayar' Indomie?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
29 December 2020 15:05
Ilustrasi bendera Ghana, (Dok: Wallpaper HD)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada yang bilang pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) tidak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja. Namun pandangan itu tidak sepenuhnya benar, karena virus yang awalnya mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China itu lebih berbahaya bagi orang miskin.

Bagi mereka yang masuk ke kategori kelas menengah, apalagi atas, pandemi virus corona memang berpengaruh. Jam kerja berkurang, pendapatan tergerus, tabungan termakan, tetapi masih bisa hidup dengan layak.

Namun bagi orang miskin, pandemi bisa menyebabkan urusan hidup dan mati. Bagi orang miskin yang tidak punya tabungan, yang hidup hari ini bergantung dari hasil kemarin, upaya pengendalian pandemi dengan pembatasan sosial (social distancing) adalah mimpi buruk yang menjadi kenyataan.


Orang miskin yang banyak bergelut di sektor informal dan usaha mikro, kecl, menengah (UMKM) adalah yang terdepan kena dampak pandemi. Kampanye #dirumahaja membuat pendapatan mereka berkurang drastis, bahkan mungkin habis sama sekali.

Dalam laporan Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha terbitan Badan Pusat Statistik (BPS) yang melibatkan 34.559 responden, sebanyak 82,85% mengaku mengalami penurunan pendapatan. Malangnya, persentase yang menyebut pendapatannya turun lebih banyak dialami unit usaha kecil.

coronaSumber: BPS

Mengutip laporan Poverty and Shared Prosperity Report 2020 keluaran Bank Dunia, pandemi virus corona dapat menyebabkan 88-115 juta orang masuk ke jurang kemiskinan ekstrem (pengeluaran US$ 1,9 per hari). Tidak hanya itu, ketimpangan antar-penduduk juga semakin lebar.

"Setiap kenaikan indeks gini (yang mencerminkan ketimpangan) sebesar 1%, angka kemiskinan akan bertambah 15%. Ini akan membuat ketimpangan semakin lebar, dan angka kemiskinan bisa semakin tinggi," sebut laporan itu.

Halaman 2>>

Ghana Ternyata Tak Miskin-miskin Amat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading