Jadi Alat Transaksi Seks ABG, Berapa Harga Indomie di Ghana?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
29 December 2020 16:20
A worker holds instant noodle packs at a market in Jakarta, Indonesia, March 12, 2018. Picture taken March 12, 2018. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Produk mie instan asal Indonesia, Indomie, akhir-akhir ini membuat heboh dunia maya. Sebab, mi instan yang sudah tersohor di seluruh dunia itu disebut-sebut sebagai alat transaksi seks di Ghana.

Dalam sebuah dialog nasional tentang kekerasan seksual dan berbasis gender dalam pandemi Covid-19, seorang pakar gender dan ketenagakerjaan Bashiratu Kamal mengungkapkan Indomie adalah salah satu penyebab meroketnya angka kehamilan remaja di Ghana.

Dalam transaksi tersebut, gadis-gadis muda di sana diiming-imingi beberapa barang-barang atas imbalan melakukan seks. Salah satu barang itu adalah Indomie.

Hal itu terjadi karena kondisi perekonomian di negara barat Afrika itu sedang dilanda kemiskinan yang parah. Bahkan, banyak keluarga yang tidak mampu membeli bahan pangan.



Lantas, seberapa berhargakah Indomie di sana? Berapa harga Indomie per bungkusnya?

Dari data yang diperoleh CNBC Indonesia dari portal belanja online Ghana Marketexpress.com, tertulis bahwa Indomie rasa ayam bawang dan ayam spesial dijual dengan harga 47 Cedi Ghana per karton yang berisi isi 40 bungkus. Bila dirupiahkan maka harga Indomie satu karton adalah Rp 113 ribu. Lalu bila dibagi 40, maka diperoleh harga Indomie per bungkus sebesar Rp 2.800.

Sementara itu di Indonesia, harga Indomie bervariatif tergantung rasa. Misalnya harga Indomie Kari Ayam Rp 2.450 per bungkus dan Indomie Soto Mite Rp 2.500 per bungkus.

Indomie menjadi bahan pangan yang populer beberapa negara barat Arika seperti Ghana, Nigeria, dan Senegal. Bahkan di Nigeria, Indomie merupakan pemimpin pasar mi instan di negara terpadat Afrika itu.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading