Lagi, Menlu AS Tolak Klaim China Soal Isu Laut China Selatan

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
29 October 2020 16:00
Presiden Joko Widodo bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Amerika Serikat kembali menyatakan sikap penolakan terkait klaim dari pemerintah China atas Laut China Selatan.

Pernyataan ini diutarakan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi secara daring, Kamis (29/10/2020). Kedatangan Pompeo ke Indonesia dalam rangka hubungan bilateral kedua negara.

"Kami menghabiskan waktu setelah berbicara tentang ekonomi, tentang keamanan atau hukum dengan negasi menolak klaim yang dibuat oleh Partai Komunis China di Laut China Selatan," kata Pompeo.


Dia pun mengatakan pemerintah AS mendukung sikap pemerintah Indonesia yang menunjukkan keberaniannya mengenai isu Laut China Selatan di tingkat Asia Tenggara maupun forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Itu adalah isu yang patut diperjuangkan dalam pengaturan multilateral dan pemerintahan Trump saat mendukung ini," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pompeo juga menyinggung perihal Indonesia yang terus berupaya menjaga kedaulatan maritim di Laut Natuna Utara.

"Tindakan tegas Indonesia untuk menjaga kedaulatan maritimnya di sekitar Kepulauan Natuna. Saya berharap dapat bekerja sama dengan cara baru untuk memastikan Amerika melindungi (dari sisi keamanan)," paparnya.

Isu mengenai LCS memang semakin memanas akhir-akhir ini. Baru-baru ini, Amerika Serikat (AS) mengerahkan kapal penjaga pantai ke Pasifik Barat untuk mengawasi aktivitas illegal fishing di wilayah yang sedang menjadi sengketa, Laut China Selatan (LCS).

Washington menuduh China melanggar hukum internasional dengan mengirimkan kapal perangnya sebagai pengawal bagi kapal penangkap ikan China ke daerah penangkapan ikan di negara lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

"Dunia Akan Membuat China Membayar Pandemi Corona"


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading