RI Singgung Isu Timur Tengah ke Menlu AS Pompeo

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
29 October 2020 15:40
Presiden Joko Widodo bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pompeo, Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi tidak hanya membicarakan hubungan antar Indonesia dan AS, tetapi juga dengan beberapa negara di wilayah Timur Tengah.

"Kami membahas masalah Palestina. Saya sebutkan bahwa masalah ini sangat dekat dengan hati masyarakat Indonesia. Saya tegaskan posisi Indonesia dari masalah tersebut termasuk prinsip 'solusi dua negara'," kata Retno pada Kamis (29/10/2020).

Selain itu, Retno dan Pompeo juga sepakat untuk memperkuat kerja sama di Peace Keeping Operations (PKO) PBB, termasuk pemberdayaan perempuan penjaga perdamaian.


"Sebagai cerminan komitmen kita pada PKO, saya memberikan satu contoh bahwa Indonesia siap mempertahankan kapal angkatan lautnya di Lebanon selama enam bulan lagi," lanjut Retno.

Terakhir, Retno dan Pompeo juga membahas kolaborasi keduanya di Afghanistan. Retno mengatakan mengapresiasi kepemimpinan AS yang membawa perdamaian di Afghanistan.

"Indonesia siap untuk berkontribusi lebih khususnya pada isu-isu yang terkait dengan pemberdayaan perempuan," ujarnya.

Sejak era sebelum kemerdekaan hingga saat ini, Indonesia selalu mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Pada 2018 silam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sempat mengecam keras serangan Israel di wilayah Jalur Gaza yang menyebabkan kerusakan pada sebagian bangunan Rumah Sakit Indonesia di Bayt Lahiya, bagian Utara, Gaza.

Sebagaimana diketahui, Rumah Sakit Indonesia yang mengalami kerusakan akibat serangan Israel telah beroperasi sejak 2012 lalu. Rumah sakit ini didirikan oleh sejumlah lembaga solidaritas Indonesia untuk Palestina dengan dana sumbangan dari masyarakat Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading