Jurus Sutiaji Genjot Digitalisasi UMKM di Malang

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 October 2020 13:37
Wali Kota Malang, Sutiaji dalam acara CNBC Indonesia Award (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wali Kota Malang, Sutiaji atau yang akrab Mas Aji menjelaskan bagaimana digitalisasi di Kota Malang yang semakin tumbuh dan terintegrasi satu sama lain.

"Makin tumbuh, kami bangun sistem integrasi, kalau dulu orang jual bakso dengan jual bakso bersaing sekarang tidak, malah jadi kolaborasi, jual sama ngga jadi musuh tetapi menjadi kekuatan bersama," katanya dalam acara "CNBC Indonesia Award" di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Ke depannya, dia berharap bisa bersaing dengan pasar global dengan kekuatan yang dikumpulkan bersama-sama. Dengan sistem ini, lanjutnya, dia berharap setiap usaha yang dijalankan dengan digitalisasi akan semakin terjamin.


"Dan kita tidak bisa menutup mata, kita menggandeng perbankan dan marketplace yang lain," ujarnya lagi.

Dia juga mengatakan akan selalu memposisikan diri dan hadir jika diperlukan. Hal ini terkait dengan bagaimana pemerintah Malang membantu UMKM untuk semakin berkembang. "Jadi orang yang tidak punya kreasi jadi punya, orang yang kehilangan pekerjaan gimana bangkit kembali," katanya.

Ke depannya, dia akan terus melakukan inovasi berbasis digital. sebab hal ini akan menjadi kemudahan ke depannya. Terutama untuk pelayanan masyarakat.

"Khusus berkaitan dengan IT kami sudah bangun infrastruktur, saya punya orang dengan talent bagus, tapi kalau ga didukung sarana dan prasarana akan kita tata," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading