CNBC Indonesia Award

Sutiaji Raih The Best Municipality in Digital Transformation

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
24 October 2020 10:21
Wali Kota Malang, Sutiaji mendapat penghargaan

Jakarta, CNBC Indonesia- Wali Kota Malang, Sutiaji meraih penghargaan The Best Municipality in Digital Transformation dalam CNBC Indonesia Award yang digelar Jumat (23/10/2020).

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Wali Kota Sutiaji dalam event yang digelar secara live di studio CNBC Indonesia, Jakarta.

Penghargaan ini diberikan kepada Sutiaji atas kinerjanya dalam mendorong peningkatan daya saing digital, melalui pemanfaatan teknologi informasi disegala sektor di kota Malang.


Dalam kajian Tim Riset CNBC Indonesia, Malang sebagai kota yang berbasis perdagangan dan pariwisata sejak tahun 2019 serius mengembangkan konsep Kota Digital. Ambisi ini sejalan dengan penilaian firma riset dan konsultan mengenai keunggulan kota yang dipimpin Sutiaji ini.

East Ventures, perusahaan perintis (startup) berbasis di Jakarta beberapa waktu yang lalu merilis Digital Competitiveness Index (DCI) 2020, yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi digital di 34 provinsi dan 24 kota besar di seluruh Indonesia.

Di situ, kota Malang masuk ke urutan kesembilan dari 10 kota dengan peringkat daya saing digital yang tertinggi di Indonesia. Kota berpenduduk 410.262 orang ini mendapat skor 47,2 pada indeks tingkat kota di Indonesia.

Malang mendapat nilai tertinggi pada pilar infrastruktur sebesar 79,6 dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology/ICT) sebesar 75,6. Pilar penggunaan ICT ini bahkan yang tertinggi di tingkat nasional.

Akan tetapi, pilar-pilar lainnya masih di bawah 50. Salah satunya adalah pilar pengeluaran ICT dengan skor 28,6. Di samping itu, kewirausahaan bidang digital mendapatkan skor 37,7. SDM berkemampuan digital juga tercatat mendapatkan skor 22,3.

Temuan firma tersebut mengonfirmasi bahwa kota Malang yang luasnya hanya sepersepuluh dari Kota Surabaya ini tidak ketinggalan dalam mempercepat penggunaan teknologi digital dalam kehidupan masyarakatnya. Dalam laporan yang sama, Surabaya meraih peringkat ke-3 nasional.

Wali Kota Malang, Sutiaji mendapat penghargaan Foto: Wali Kota Malang, Sutiaji mendapat penghargaan "The Best Municipality in Digital Transformation" dalam acara CNBC Indonesia Award (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Mendigitalkan Pasar Tradisional
Kemajuan digital Malang dalam setahun terakhir terlihat terutama dari fakta bahwa hampir seluruh sektor, tidak hanya keuangan atau perbankan, yang sudah memanfaatkan internet. Kegiatan perkantoran, pendidikan, dan bahkan aktivitas rumah tangga tak lepas dari digitalisasi.

Jika mengacu pada temuan DCI, rasio rumah tangga yang memiliki komputer mendapat skor 85 dan mendudukkan Kota Malang di peringkat 4 nasional. Pimpinan dan karyawan rata-rata mengakses internet di kantornya.

East Ventures menemukan bahwa rasio penduduk yang mengakses internet dari kantor mencapai skor tertinggi 100 sehingga menempatkan Malang di puncak urutan. Demikian halnya dengan komputer jinjing atau laptop yang bukan lagi menjadi barang mewah di komunitas tersebut.

Di bawah kepemimpinan Walikota Sutiaji, seluruh pelosok Kota Malang kini terjangkau sinyal internet sehingga rasio desa atau kelurahan yang mendapat sinyal kuat dan sangat kuat mendapat skor 100 hingga menempatkan Malang di urutan 1 dalam indeks daya saing digital versi EV.

Hal ini tidak terlepas dari program Kota Pintar (smart city) yang dijalankan oleh politisi Partai Demokrat tersebut, dengan menuangkannya ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Malang Tahun 2019 -2024.

Dia menetapkan enam indikator yang harus dicapai yakni smart people, smart mobility, smart governance, smart economy, smart environment dan smart living. Indikator tersebut diturunkan ke dalam program kongkrit, misalnya sektor pendidikan.

Malang menjadi kota pertama yang memberikan materi ujian setara profesional IT untuk anak sekolah, yang materi atau muatannya memungkinkan lulusan sekolah menengah terebut untuk siap kerja di perusahaan besar.

Pemkot Malang juga gencar mengembangkan program smart governance guna menjalankan fungsi secara efektif dan efisien. Digitalisasi ditargetkan menciptakan integrasi yang memacu efisiensi kerja, mengefektifkan diseminasi informasi dan memperbaiki layanan publik.

Berbagai program itu mencuri perhatian di kalangan pemerintahan, sehingga Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjadikan Malang menjadi lokomotif digital karena pengembangan informasi dan teknologinya dinilai berkembang lebih pesat dari daerah lain di provinsi tersebut.

Sebagai kota yang berbasis perdagangan dan wisata, di mana sektor perdagangan menyumbang 29% Produk Domestik Regonal Bruto (PDRB) Kota Malang, eksistensi pasar rakyat pun menjadi penting, terutama di tengah beragam tantangan di era perdagangan bebas dan era digital.

Untuk itu, Pemkot Malang menjalankan program Sepasar Pedas (sekolah Pasar Pedagang Cerdas) untuk merevitalisasi pola pikir (mindset) pedagang dan mengombinasikan nilai tradisional dengan pola rantai pasokan (supply chain) modern.

Program yang dimulai pada 2017 ini menyasar 10.741 pedagang pasar rakyat di Malang, di mana pedagang menjadi subyek inovasi. Beberapa inovasi terkait digital yang dijalankan misalnya e-retribusi dan e-commerce lewat sembakomalang.com.

Hasilnya, kepuasan pengunjung terhadap pasar rakyat naik menjadi 75,35% pada 2019, sedangkan kepuasan pedagang meningkat menjadi 80,4%. Secara bisnis, perubahan tersebut memicu kenaikan omzet pedagang pasar sebesar 30%.

Sebagai informasi, CNBC Indonesia Award yang digelar pada tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya karena mengadaptasi kebiasaan baru di tengah Pandemi Covid-19. Dalam rangkaian pertama, CNBC Indonesia Award memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah dan Bank Pembangunan Daerah yang berprestasi dalam menciptakan terobosan dan inovasi di tengah Pandemi Covid-19.

Seluruh penyelenggaraan CNBC Indonesia Award dilaksanakan dengan protokol kesehatan sesuai yang direkomendasikan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading