Malang Bakal Punya Creative Center Rp 125 M di 2022

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 October 2020 12:56
Wali Kota Malang (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kota Malang, Jawa Timur akan mendirikan Malang Creative Center (MCC) yang rencananya akan selesai pada 2022. Pembangunan MCC ini untuk mendongkrak perkembangan UMKM di Kota Malang.

MCC nantinya juga dapat digunakan bagi UMKM yang sebelumnya mencari tempat untuk memasarkan produknya dan menjadi 'rumah' bagi usahanya.

"Anggarannya dulu Rp 180 miliar tapi kami pangkas menjadi Rp 125 miliar, yang akan dibangun 2021 dan selesai 2022. Ini akan menjadi tempat kontemplasi dan pembelajaran anak-anak kita," kata Walikota Malang H. Sutiaji dalam diskusi CNBC Indonesia Award Best Regional Leaders, Jumat (23/10/2020).


Pilihan Redaksi

    Selain menjadi pusat bagi UMKM, mereka juga akan diberikan pembelajaran dan berbagai syarat agar mereka bisa bersaing di pasar. Dengan begitu mereka tetap bisa kreatif dan bersaing dengan pasar, pelatihan di MCC pun dapat menjadi kurasi bagi UMKM.

    "Juga nanti tempat edukasi, jadi orang bisa melihat kesana ini cara pembuatan produknya. Tadinya kalau tidak ada pandemi 2021 sudah on going, tapi pandemi kita sudah berbagai persiapan," katanya.

    Menurutnya inovasi tidak hanya harus fokus pada digital semata, meski ketika memasuki dunia informasi dapat memudahkan pelaku usaha. Namun di masa seperti ini menurut Sutiaji, semua sarana dan prasarana harus dimanfaatkan dan dikembangkan.

    "Khusus berkaitan dengan IT kami sudah bangun infrastruktur, saya punya orang dengan talent bagus. Tapi kalau ga didukung sarana dan prasarana infrasstruktur sulit, makanya semuanya kita tata," katanya.


    [Gambas:Video CNBC]

    (hoi/hoi)
    Terpopuler
      spinner loading
    Features
      spinner loading