Minus Cinema XXI, Dua Bioskop Mulai Buka di DKI Hari Ini

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
21 October 2020 13:17
CGV CInema

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemprov DKI Jakarta sudah menerbitkan izin operasi terhadap 3 pengelola bioskop. Ketiga bioskop itu Cinema XXI, CGV dan Cineapolis. Namun, hanya CGV dan Cineapolis yang memastikan buka, sedangkan pemain utama Cinema XXI memilih tetap absen meski sudah dapat izin.

"Hari ini buka jam 3 CGV, Cineapolis kalau nggak salah hari ini juga atau besok buka. Dia ikut CGV," kata Ketua Umum Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin kepada CNBC Indonesia, Rabu (21/10).

Djonny mengatakan untuk Cinema XXI belum buka karena masih keberatan dengan ketentuan operasi kapasitas penonton hanya 25%. Hal ini karena para pemilik film masih enggan memutar filmnya di Cinema XXI, kecuali kapasitas yang diizinkan mencapai 50%. Sedangkan CGV dan Cineapolis masih mengandalkan film-film Korea.


"Untuk XXI belum, pemilik film nggak mau kalau 25%, maunya 50% itu pun masih pikir-pikir," katanya.

Ia mengatakan untuk dua operator bioskop yang buka di DKI Jakarta, mereka juga sudah beroperasi di Batam, Bandung, dan Kalimantan.

Sebelumnya seperti dikutip dari detikcom, pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan surat keputusan untuk operasi bioskop-bioskop di Jakarta. Beberapa bioskop akan mulai memutar film hari ini.

"XXI, Cinepolis dan CGV sudah keluar SK-nya. Ya, infonya Minggu ini dibuka," ucap Kepala Bidang Industri Pariwisata, Dinas Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Parekraf), DKI Jakarta, Bambang Ismadi.

Dari akun media sosial resmi bioskop-bioskop, mereka akan mulai operasi di beberapa lokasi di Jakarta. CGV akan mulai operasi di CGV Grand Indonesia, CGV Green Pramuka Mall, CGV Transmart Cempaka Putih, dan CGV AEON Mall JGC.

Sementara itu, Cinepolis yang mulai beroperasi hari ini adalah Cinepolis Plaza Semanggi, Cinepolis Pluit Village, Cinepolis Tamini Square, Cinepolis Gajah Mada dan Cinepolis Cibubur Junction.

Pebisnis bioskop di bawah Gabungan Pengusaha Bioskop Indonesia (GPBSI) terdiri dari Cinema XXI, CGV, Cineapolis, Dakota Cinema, Platinum, New Star Cineplex, dan FlixCinema. Selama ini GPBSI mempekerjakan kurang lebih sedikitnya 20 ribu pekerja. Selama pandemi  mereka ada yang sudah kena PHK hingga sebagian lagi harus dirumahkan, jadi pengangguran selama 7 bulan karena harus setop operasi di masa PSBB.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading