Juragan Pintu Masuk Garam Impor Kini Ada di Kemenperin

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 October 2020 17:33
Petani Garam

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memutuskan rekomendasi izin impor garam kini berada di Kementerian Perindustrian, setelah sebelumnya proses izin tersebut berada di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Hal tersebut diputuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan penyerapan garam rakyat yang digelar di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Presiden setuju bahwa industri-industri yang untuk makanan dan industri yang butuh garam industri, mereka mengimpor langsung dengan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian," kata Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (5/10).


Ketentuan rekomendasi impor garam industri dari Kemenperin sejatinya sudah diatur dalam PP No 9 tahun 2018 tentang tata cara pengendalian impor komoditas perikanan dan komoditas pergaraman sebagai bahan baku dan bahan penolong industri. Pada PP tersebut kewenangan untuk memberikan rekomendasi dilimpahkan pada Kementerian Perindustrian (Kemperin).

"Dalam hal Impor Komoditas Perikanan dan Komoditas Pergaraman digunakan sebagai Bahan Baku dan bahan penolong Industri, penetapan Rekomendasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berdasarkan Peraturan Pemerintah ini diserahkan pelaksanaannya kepada menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perindustrian"

Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu memastikan, apabila ada perusahaan atau industri yang melanggar, akan ada sanksi yang menanti. Sanksi yang akan diberikan pun bukan isapan jempol semata.

"Kalau dia melanggar atau membocorkan ke market, membuat garam rakyat turun, ya izinnya dicabut. Kita berharap, yang paling tahu adalah Menperin berapa industri yang butuh garam, dan berapa jumlah yang mereka butuh," katanya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan pemerintah telah sepakat agar rekomendasi perizinan untuk importasi bahan baku gula dan garam industri diberikan kepada otoritas perindustrian.

"Kami di Kemenperin memiliki mekanisme ketat di dalam verifikasi, khususnya berkaitan dengan jumlah kebutuhan garam atau gula untuk industri penggunanya," katanya.

"Kami tidak akan membiarkan, seperti yang disampaikan pak Menko bahwa bahan baku yang impor oleh industri merembes ke pasar sehingga mengganggu petani gula dan garam. ini akan kami berikan sanksi yang sangat tegas," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading