Soal Testing-Tracing-Treatment Corona, Sehebat Apa Indonesia?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
23 September 2020 06:44
Penumpang KRL di Stasiun Manggarai (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penanggulangan pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) tidak jarang menjadi sorotan dunia. Rasanya itu memang bukan tanpa sebab.

"Hampir tidak ada yang berpikir bahwa Indonesia menangani pandemi virus corona dengan baik. Sebelum awal Maret, pemerintah mengklaim tidak ada kasus... Pada 2 Maret, Indonesia akhirnya mengakui bahwa virus corona sudah datang dan (pemerintah) akhirnya mulai bertindak.

"Tragisnya, tes dalam skala luas, penanganan yang tepat, dan isolasi yang ketat sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Pemerintah kerepotan menyiapkan sistem kesehatan untuk mengatasi, ini pun sepertinya menjadi misi yang mustahil," tulis Tim Lindsey (Profesor University of Melboune) dan Tim Mann (kandidat doktor University of Melbourne) dalam artikel berjudul Indonesia was in Denial Over Coronavirus, Now It May be Facing a Looming Disaster yang dimuat di The Conversation.


Pendapat semacam itu bukan sekali-dua kali muncul di media internasional. Tentu ada latar belakang mengapa pandangan negatif itu bermunculan.

Per 22 September 2020, jumlah pasien positif corona di Indonesia adalah 252.923 orang. Bertambah 4.071 orang (1.64%) dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Dalam 14 hari terakhir (9-22 September), rata-rata pasien baru bertambah 3.778 orang per hari. Melonjak dibandingkan 14 hari sebelumnya yaitu 3.013 orang.

Apakah dari data ini saja sudah memberi justifikasi bahwa pemerintah tidak beres dalam menangani pagebluk virus yang awalnya menyebar dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China itu? Mari kita tilik sedikit lebih dalam.

Blavatnik School of Government University of Oxford mengembangkan penilaian bagaimana sebuah negara mengatasi wabah virus corona. Salah satu aspek yang dinilai adalah kesehatan yaitu Containment Health Index.

Indeks ini mengukur kemampuan pemerintah dalam mengatasi pandemi dari sisi kesehatan, apakah itu dengan menerapkan pembatasan sosial (social distancing) yang ketat, melakukan tes massal, sampai investasi dalam pengembangan vaksin. Nilai indeks diperbarui secara harian, meski perubahannya tidak dinamis.

Per 22 September 2020, skor Containment Health Index Indonesia ada di 64,02 dari skala 1 sampai 100. Rata-rata nilai Containment Health Index di 41 negara berpendapatan menengah-atas adalah 64,59. Indonesia masih berada di bawah rata-rata itu.

Tes Corona di Indonesia Masih Minim
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading