Bioskop di DKI Jakarta

Kapan Bioskop Kembali Buka? Ini Perkembangan Terbarunya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 September 2020 12:08
Ilustrasi bioskop di Beijing sudah mulai dibuka. AP/Mark Schiefelbein

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembukaan bioskop terutama di DKI Jakarta belum ada kejelasan kapan pasti dilakukan. Namun, titik cerah sudah terlihat dengan pengajuan proposal para operator bioskop ke Pemprov DKI Jakarta, bahkan sudah ada grup bioskop yang sudah ditelaah persiapannya

Dinas Pariwisaya dan Ekonomi Kreatf (Disparekraf) DKI Jakarta sudah menerima proposal izin beroperasi tiga pengelola bioskop yaitu XXI, CGV, dan Cinemapolis. Satu grup yaitu XXI sudah melalui proses kajian Pemprov DKI Jakarta, hanya tinggal menunggu waktu persetujuan surat keputusan (SK).

"SK belum turun, Senin minggu lalu (31/8) proposal sudah masuk, kemarin Senin disidangkan bersama kominfo, pariwisata, terutama XXI sudah selesai, dilakukan per grup, setelah itu CGV, dan Cinemapolis. Mudah-mudahan minggu depan (bisa keluar SK)," kata Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin kepada CNBC Indonesia, Selasa (8/9).


Djonny belum bisa menyampaikan tanggal pasti bioskop di DKI Jakarta sudah bisa operasi lagi, karena tergantung persetujuan Pemprov DKI Jakarta dan stakeholder lainnya. Sempat beredar kabar bioskop akan buka 10 September 2020, tapi ia menepisnya.

"Semua nggak pasti, pemerintah sudah pontang panting hasilnya merah juga, kita kasih kesempatan dulu, sabar lah," katanya.

Sebelumnya Djonny mengatakan bahwa pembukaan bioskop di DKI Jakarta dan sekitarnya sangat penting karena jadi barometer bioskop di Indonesia. Selain menguasai hampir 60% layar nasional, DKI Jakarta merupakan ajang pemutaran perdana film-film yang baru dirilis.

Perkembangan rencana pembukaan bioskop saat ini tak terlepas dari sinyal dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sebelumnya siap mengizinkan kembali operasional bioskop di DKI Jakarta. Kesiapan itu didapat usai Pemprov DKI Jakarta menemui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

"Kesimpulan pertemuan tadi adalah dalam waktu dekat kegiatan bioskop akan dibuka, protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi detail dan pengawasan ketat sehingga pelaku industri memberikan jasa tanpa risiko besar. Bagi masyarakat ketika berkegiatan mereka akan aman," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading