Besok Hari Terakhir PSBB, Siapkah Jakarta Menuju New Normal?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
03 June 2020 11:28
Kondisi di Stasiun Manggarai Jakarta Selatan pada Kamis (28/5/2020) terpantau masih ramai. Banyak warga yang berlalu lalang meski masih memasuki pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dan akan berakhir 4 Juni 2020 di DKI Jakarta.
 
Di stasiun, para pengguna KRL khususnya dari sejumlah daerah penyangga Jakarta masih banyak berdatangan ke Ibu Kota saat jam kerja.
 
Dari pantauan CNBC Indonesia dilapangan, Kamis (28/5/2020), penumpang di Stasiun Manggarai terdiri dari berbagai macam kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak masih terlihat bepergian menggunakan KRL.
 
Sementara itu, tampak petugas keamanan stasiun akan menegur penumpang jika tak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing atau menjaga jarak.
 
Kendati begitu, situasi di Stasiun Manggarai tidak sepadat di saat-saat jam kerja. Penumpang di dalam kereta pun terlihat relatif sepi.
 
Untuk diketahui sebelumnya, PSBB untuk memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19 belum dapat diterapkan 100%.
 

Begitu juga dengan tulisan larangan duduk atau saling menjaga jarak saat berada di dalam gerbong. Sesuai aturan moda transportasi saat masa PSBB, KRL harus membatasi jadwal kereta begitu juga kapasitas penumpangnya, yakni maksimal 50% dari jumlah normal. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Besok, 4 Juni 2020, akan menjadi hari terakhir bagi Provinsi DKI Jakarta menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB). Jika tidak diperpanjang, maka Ibu Kota akan mulai kehidupan normal baru (new normal) pada akhir pekan ini.

Jakarta adalah daerah yang paling awal mengimplementasikan PSBB. Hasilnya memuaskan, laju penularan virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) melambat signifikan.

Sebelum PSBB berlaku, jumlah kasus corona di Jakarta naik rata-rata 11,14% per hari. Selepas PSBB berlaku mulai 10 April, lajunya melambat tajam menjadi rata-rata 2,79% per hari.




Bahkan per 2 Juni, kasus corona di Jakarta terkontraksi alias tumbuh negatif. Kemarin, jumlah pasien positif corona adalah 7.459 orang. Berkurang 26 orang (-0.35%) dibandingkan hari sebelumnya.

Angka ini membawa harapan bahwa Jakarta siap menjalankan new normal. Keran aktivitas masyarakat siap dibuka kembali, meski tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Ini bisa dilakukan saat PSBB berakhir.



Awas, Jakarta Masih Berisiko!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading