Survei: Orang RI Pede Pagebluk Corona Kelar Paling Telat Juli

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
02 June 2020 14:33
Kondisi di Stasiun Manggarai Jakarta Selatan pada Kamis (28/5/2020) terpantau masih ramai. Banyak warga yang berlalu lalang meski masih memasuki pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dan akan berakhir 4 Juni 2020 di DKI Jakarta.
 
Di stasiun, para pengguna KRL khususnya dari sejumlah daerah penyangga Jakarta masih banyak berdatangan ke Ibu Kota saat jam kerja.
 
Dari pantauan CNBC Indonesia dilapangan, Kamis (28/5/2020), penumpang di Stasiun Manggarai terdiri dari berbagai macam kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak masih terlihat bepergian menggunakan KRL.
 
Sementara itu, tampak petugas keamanan stasiun akan menegur penumpang jika tak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing atau menjaga jarak.
 
Kendati begitu, situasi di Stasiun Manggarai tidak sepadat di saat-saat jam kerja. Penumpang di dalam kereta pun terlihat relatif sepi.
 
Untuk diketahui sebelumnya, PSBB untuk memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19 belum dapat diterapkan 100%.
 

Begitu juga dengan tulisan larangan duduk atau saling menjaga jarak saat berada di dalam gerbong. Sesuai aturan moda transportasi saat masa PSBB, KRL harus membatasi jadwal kereta begitu juga kapasitas penumpangnya, yakni maksimal 50% dari jumlah normal. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis hasil Survei Sosial-Demografi Dampak Coronavirus Disease-2019/Covid-19. Hasilnya cukup menarik, 68% responden yakin bahwa pandemi virus yang bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China itu akan berakhir paling lambat Juli 2020.

Survei yang melibatkan 87.379 responden tersebut menunjukkan bahwa pandemi virus corona memang menciptakan kekhawatiran di masyarakat. Berbagai pemberitaan mengenai virus corona membuat kekhawatiran itu semakin meningkat.





Kemudian, hampir separuh responden mengaku khawatir atau sangat khawatir dengan kesehatan dirinya (48,35%). Selain kesehatan diri sendiri, mayoritas responden (57,27%) merasa khawatir atau sangat khawatir dengan kesehatan keluarganya. Kekhawatiran responden terkait kesehatan dirinya semakin meningkat ketika harus beraktivitas di luar rumah (69,43%)

Akan tetapi, responden yakin bahwa 'badai' akan segera berlalu. Sebanyak 68% responden optimistis pandemi virus corona akan berakhir pada Mei hingga Juli tahun ini.

Sejauh ini, optimisme tersebut lumayan berdasar. Sebab memang ada kecenderungan kasus corona di Tanah Air melambat.

Kementerian Kesehatan mencatat jumlah pasien positif corona per 1 Juni adalah 26.940 orang. Bertambah 467 orang (1,76%) dibandingkan posisi hari sebelumnya.



Meski masih ada penularan, seperti yang setiap hari disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, tetapi lajunya cenderung melambat. Kenaikan 1,76% adalah laju paling lemah sejak 11 Mei. Sejak 24 Mei, persentase pertumbuhan kasus corona sudah di bawah 3% per hari.

Indonesia Menuju New Normal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading