Harga Bawang Putih Memang Mulai Turun, Tapi...

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
20 April 2020 07:11
Stok Bawang Putih. (Dok: Kementan) Foto: Stok Bawang Putih. (Dok: Kementan)
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa hari jelang puasa Ramadan, beberapa harga komoditas yang sempat naik berangsur turun. Salah satunya bawang putih.

Mengacu pada data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih secara nasional dibanderol Rp 42.100. Ada penurunan 6% dari awal April lalu.



Importir bawang putih sudah banyak memasukkan stok ke dalam negeri sehingga menambah pasokan. Di Jakarta saja sudah ada hampir 1.000 ton bawang putih impor tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pada Kamis (16/4/2020), Mendag Agus Suparmanto melakukan pemantauan ke gudang importir bawang putih. Ia mengklaim stok bawang putih sangat besar sehingga harga eceran di pasar mengalami penurunan secara drastis.

Saat ini, menurutnya, harga bawang putih stabil di harga Rp32.000/kg. Kemendag memang sempat memberikan relaksasi dengan membebaskan Persetujuan Impor dan Laporan Surveyor untuk komoditi bawang putih.

Tapi itu untuk komoditas bawang putih saja. Komoditas lain seperti gula pasir masih tetap betah bertengger di kisaran Rp 18.000/Kg di pasar tradisional.



Padahal, keran impor sudah dibuka. Data CEIC menunjukkan impor gula rafinasi maupun mentah pada Februari lalu saja mencapai 713.709 ton.

Angka ini naik 10 kali lipat dibanding impor Januari dan nyaris naik 7 kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu. Beralih ke komoditas bawang merah, harga komoditas ini di DKI Jakarta melesat sekitar 25% secara month to date (mtd).

Padahal di pekan pertama April, harga bawang merah hanya naik 9%. Per kemarin harga bawang merah dibanderol Rp 58.350/Kg.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Harga Gula Sampai Bawang Putih Bakal Turun, Benar Pak Jokowi?


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading