Dipanggil Jokowi, Mendag Operasi Pasar Gula-Bawang Putih

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 March 2020 17:30
Mendag Agus Suparmanto akan menggelar operasi pasar gula dan bawang putih. Foto: Bawang Putih di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran menteri menggelar rapat terbatas secara tertutup dengan topik antisipasi lonjakan harga pangan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Jokowi telah menginstruksikan kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto untuk segera melakukan operasi pasar untuk sejumlah komoditas pangan strategis seperti gula maupun bawang putih.

"Jadi nanti memang harga yang naik kita antisipasi dengan melakukan operasi pasar, khususnya gula dan bawang putih," kata Agus di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.



Pada Senin (9/3) harga gula rata-rata nasional sempat tembus Rp 16.250 per kg, sedangkan pada Rabu (11/3) harganya sudah merangkak jadi Rp 16.400 per kg, seperti dikutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS).

Pergerakan harga gula pasir dalam sebulan terakhir trennya terus naik. Harga rata-rata gula pada 11 Februari masih Rp 14.000/kg, artinya bila rata-rata pada 10 Maret 2020 sudah Rp 16.400 per kg maka sudah ada kenaikan 17% dalam sebulan.

"Itu mungkin minggu depan sudah ada beberapa hal yang stok ya tetap ada, yang tentu adalah operasi pasar, termasuk juga bawang putih," katanya.

"Nah ini kita akan kalau nanti ada menjelang ini ada kebijakan yang merelaksasi kebijakan impor apabila dengan penanganan minggu ini belum juga nanti kita lebih relaksasikan lagi ketentuan impornya," katanya.

Khusus bawang putih, Agus mengatakan bahwa izin impor komoditas tersebut sudah dikeluarkan hampir 60.000 ton. Meski demikian, ia mengakui bahwa membutuhkan waktu lebih agar barang tersebut sampai masuk Indonesia dan ke pasar.

"Memang perlu waktu pelaksanaannya. Nanti kita lihat, beberapa hari ke depan kita pantau terus harganya. Apabila masih tetap kita ambil kebijakan untuk relaksasi impor ini," katanya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

34 Kontainer Bawang Putih Impor China Masuk Priok


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading