Harga Gula Sampai Bawang Putih Bakal Turun, Benar Pak Jokowi?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 April 2020 12:14
Presiden Jokowi memastikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok akan kembali normal pada minggu depan. Foto: Presiden Joko Widodo (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok (sembako) yang merangkak naik, seperti gula maupun bawang putih, akan kembali normal pada minggu depan.

Hal tersebut ditegaskan kepala negara saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan persiapan menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H/2020 M, melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Saya sudah cek ke Bulog ke daerah mengenai panen raya seperti apa," kata Jokowi, Kamis (2/4/2020).

Berdasarkan pemantuan kepala negara, kondisi sejumlah komoditas pangan saat ini masih cukup normal. Mulai dari beras, daging, telur, gula, terigu, hingga berbagai komoditas pangan lainnya.


"Mungkin gula tadi Mentan (Menteri Pertanian) sudah menyampaikan, bahwa minggu-minggu depan mungkin harga turun pada posisi normal lagi Rp 12.500/kg," katanya.

Khusus bawang putih, Jokowi mengaku telah mendapatkan laporan dari Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, impor bawang putih telah masuk ke Indonesia. Artinya, seharusnya ketersediaan stok yang memadai bisa memengaruhi harga.

"Mendag juga menyampaikan kepada saya bawang juga sudah beberapa sudah masuk. Kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini sudah kembali ke normal harga di Rp 20 ribu - Rp 30 ribu," kata Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Harga Bawang Putih Memang Mulai Turun, Tapi...


(wed/wed)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading