Menhub Budi Karya Keluar RSPAD, Sudah Sembuh dari Corona

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
15 April 2020 12:01
budi karya kemenhub
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar baik datang dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Ia sudah sehat dan tak lagi dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta setelah sempat dinyatakan positif corona atau covid-19.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati tidak menyebut tanggal pasti kepulangan Budi Karya, namun yang jelas ia sudah tak dirawat di RSPAD sejak beberapa hari lalu.

"Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, telah kembali di kediaman setelah dirawat di RSPAD," ujarnya ketika dikonfirmasi CNBC Indonesia, Kamis (15/4/20).


Ia turut bersyukur dengan perkembangan kondisi Budi Karya. Menurutnya, semua ini tidak lepas dari dukungan dan doa dari semua pihak yang selama ini sudah peduli.



"Berkat doa teman-teman juga," kata Adita.

Kendati sudah meninggalkan RSPAD Gatot Soebroto, namun Budi Karya belum bisa melakukan aktivitas di luar rumah. Belum ada kepastian juga kapan ia kembali bertugas sebagai Menhub. Saat ini jabatannya diemban sementara oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kondisi beliau sehat dan saat ini tengah melakukan pemulihan serta isolasi mandiri selama 14 hari sesuai arahan dokter," imbuh Adita.

Sejak beberapa waktu sebelumnya, kondisi Budi Karya Sumadi memang mulai semakin membaik. Kabar itu sempat disampaikan Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamen PDTT), Budi Arie Setiadi, kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

"Alhamdulillah Pak Budi Karya Sumadi semakin membaik. Optimistis lawan corona. Kondisi Pak Menhub semakin membaik didampingi dr Kapt Maulidi Abdillah, sebagai dokter rehab medik," ujarnya.

Budi Arie juga mengirim video yang menunjukkan dr Kapt Maulidi sedang bersama Budi Karya. Budi Karya terlihat berbaring di ranjang dan sedang memakai masker. Budi Karya menyampaikan kesan dan pesannya selama dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

"Gimana kesan pesannya?" tanya dr Kapt Maulidi.

"Top banget. Fisioterapisnya top. Keluargo. Dulur kito. Alhamdulillah. Semangat! Lawan COVID-19!," ujar Budi Karya.

Sebelumnya, Budi Karya diumumkan positif terjangkit Covid-19 pada 14 Maret 2020. Ia dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Seizin pimpinan dan juga seizin keluarga dari pasien 76 yang sudah disampaikan oleh jubir pemerintah Covid-19, benar bahwa saat ini--kalau tidak salah--pasien 76 sedang dirawat di RSPAD," kata Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading