Sempat Bertemu Menhub Budi Karya, Ini Kabar Sri Mulyani

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 March 2020 12:46
Sempat hadiri rapat dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang positif tertular virus corona, Menteri Keuangan Sri Mulyani disebut dalam keadaan sehat.

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah kabar buruk yang menyatakan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif tertular virus corona yang mematikan, Menteri Keuangan Sri Mulyani dipastikan dalam keadaan baik-baik saja dan tetap menjalankan tugas secara penuh.

Pernyataan yang disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi sekaligus Juru Bicara Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari pada Minggu (15/3/2020) itu sekaligus menampik isu bahwa Sri Mulyani mungkin telah terinfeksi virus asal Wuhan, China itu.

Isu itu merebak pasca Budi Karya sebelumnya dilaporkan sempat menghadiri Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju pada Rabu sebelum dinyatakan positif corona pada Sabtu. Rapat itu dihadiri oleh Sri Mulyani, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil serta Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto. Selain itu hadir belasan menteri KIB dan pimpinan Lembaga Negara, termasuk Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.



"Hingga saat ini Menkeu masih terus menjalankan tugasnya secara penuh dan sehat, termasuk mempersiapkan langkah-langkah pengaturan dan penyediaan anggaran yang diperlukan oleh seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk dapat menggunakan anggarannya menangani tantangan penyebaran virus COVID-19." kata Rahayu.

"Menkeu juga terus memantau dinamika ekonomi yang terkena dampak COVID-19 dan terus menyiapkan langkah-langkah meminimalkan dampak penyebaran negatif COVID-19."

Lebih lanjut, Rahayu mengatakan bahwa Kementerian Keuangan sendiri juga sudah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 dan fokus menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh jajaran Kemenkeu. Yaitu dengan mengeluarkan keputusan dan pedoman Menteri Keuangan kepada seluruh jajaran Kemenkeu dan seluruh BUMN di bawah Kemenkeu menyangkut pelaksanaan tugas Kemenkeu dan BUMN, termasuk pedoman kehadiran dan pertemuan di kantor atau melalui teleconference dan mereka yang harus bekerja dari rumah (work from home).

"Kemenkeu menjamin layanan terhadap publik dan stakeholders tetap berlangsung dengan baik karena Kemenkeu sudah mempunyai Business Continuity Plan (BCP) untuk seluruh unit kerjanya, yang akan terus diupdate menyesuaikan situasi seperti ini.


"IT infrastruktur Kemenkeu juga mampu untuk mendukung berbagai kegiatan work from home maupun pelaksanaan BCP." tegasnya.

Saat ini wabah virus corona telah menginfeksi 96 orang dan menelan korban jiwa 5 orang di Indonesia. Sementara secara global wabah yang belum memiliki vaksin ini telah menjangkiti 156.745 orang, di mana korban meninggal mencapai 5.839 orang. Sedangkan pasien sembuh ada sebanyak 75.936 orang secara global dan 8 orang sembuh di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]




(res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading