RI Bisa Produksi APD Tapi Kualitas Masih Perlu Dites

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
31 March 2020 13:12
Industri tekstil dalam negeri menyanggupi untuk membuat alat pelindung diri (APD) dalam penanganan virus corona.
Jakarta, CNBC Indonesia - Industri tekstil dalam negeri menyanggupi untuk membuat alat pelindung diri (APD) dalam penanganan virus corona. Namun, kebanyakan tidak bisa berstandar medical grade karena yang melakukan sertifikasi, Kemenkes harus berbagi waktu dalam penanganan pandemiknya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Anne Patricia Sutanto menyebut sudah melakukan tes, namun hasilnya belum juga bisa keluar. "Udah kita jalankan dari minggu lalu, dan kita harapkan hasil tesnya cepat sehingga kita bisa klaim medical grade," katanya kepada CNBC Indonesia pekan lalu.

Anne menyebut pihaknya sudah bisa melakukan pengetesan standar industri karena sudah memiliki laboratorium sendiri. Pun jika membutuhkan standar yang lebih tinggi lagi, ia tidak ragu untuk membawanya ke luar negeri.




"Apapun yang perlu kita tes di luar negeri, kita segera percepat. Supaya kita bisa bantu untuk medical grade bahan baku dengan produksi dalam negeri," papar Wakil Direktur Utama PT Pan Brothers Tbk (PBRX) itu.

Namun, untuk standar yang sudah ditetapkan pemerintah, tentu harus melewati sertifikasi dari Kemenkes. Tujuannya agar dinyatakan resmi memenuhi standar dan bisa digunakan oleh tenaga medis di garda terdepan dalam penanganan virus corona.

Anne menyebut saat ini industri tekstil yang tergabung dalam wadah API berpotensi untuk membuat APD hingga 15 juta pcs per bulan. Namun, jumlah tersebut bisa kian terus meningkat jika industri juga membutuhkan.

"Tapi kalau diperlukan lebih untuk garmen-garmen lain yang belum jadi member (anggota), atau yang kita lagi ajak untuk bisa buat dengan spek sama, mungkin saya nggak heran bisa 30 juta pcs dalam satu bulan," paparnya.

Ketua Umum API Jemmy Kartiwa Sastraatmaja menegaskan memang anggota API awalnya tidak membuat APD , tapi anggotanya siap Support untuk buat APD dengan istilah APD Ring 1 dan Ring 2. Ia mencontohkan APD yang dibuat anggota masih kategori Ring 2, harapannya bisa ditingkatkankan menjadi Ring 1 atau medical grade.

[Gambas:Video CNBC]






(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading