Puncak & Bali Bakal Jadi Tempat Uji Coba Angkutan Bus Canggih

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 January 2020 21:16
Puncak & Bali Bakal Jadi Tempat Uji Coba Angkutan Bus Canggih
Jakarta, CNBC Indonesia - Autonomus Rail Rapid Transit (ART) akan menjadi salah satu alternatif moda transportasi massal di Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur.

ART menjadi pilihan karena ramah lingkungan, mampu menampung banyak penumpang dan tepat waktu. Kecanggihan semacam ini yang diharapkan bisa memberi efisiensi pada masyarakat.

Sebelum mengeksekusi rencana tersebut, Kementerian Perhubungan akan melakukan uji coba terhadap layanan transportasi massal di Puncak, Jawa Barat dan Bali.


Namun, transportasi tersebut bukanlah ART melainkan bus listrik yang nantinya memudahkan akses masyarakat di wilayah-wilayah tersebut. Jalur Puncak, akan menjadi uji coba perdana.

"Pertama kali pakai bus biasa, kedua nanti bus yang pakai pengisian listriknya di atas [troly bus] itu jalan dulu, bagaimana manajemennya," kata Budi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).



Jika uji coba tersebut lancar, maka pemerintah akan kembali melakukan uji coba layanan transportasi serupa dari wilayah Kuta ke Buleleng sepanjang 80 kilometer.

Budi Karya mengatakan, nilai investasi proyek tersebut mencapai Rp 5 triliun. Adapun proyek tersebut akan mulai dikerjakan pada 2021 mendatang.

"Jadi kita mau bikin jalur khusus dan kita mau bikin semacam troly bus jadi gandeng 2-3 sehingga itu dedicated," katanya.

Budi Karya menjelaskan proyek ini akan menjadi persiapan awal pemerintah untuk menerapkan sistem ART di Ibu Kota baru. Diharapkan pada 2024, ART bisa berjalan sesuai rencana.

"Percobaan ini kita harapkan pada 2024 kita punya kemampuan yang lebih," tegas Budi Karya.



[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading