Halo Warga Bekasi! Jokowi Mau Bangun Bendungan Anti-Banjir

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
02 January 2020 20:21
Proyek pencegahan banjir sedang disiapkan di Bekasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah pusat di bawah Presiden Jokowi melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) punya satu lagi jurus anti banjir di kawasan Jabodetabek yang masih dalam tahap perencanaan. Rencananya bendungan akan dibangun di Bekasi, Jawa Barat.

Kementerian PUPR sudah membuat Perencanaan Pengendalian Banjir Kali Bekasi dimana pada tahun 2020 akan dilakukan value engineering terhadap perencanaan tersebut dan segera ditindaklanjuti dengan pekerjaan fisik konstruksinya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah menjelaskan bahwa rencana itu tidak lepas dari adanya potensi banjir akibat ketidakmampuan daya tampung di kali-kali Bekasi.


"Masalahnya kan hujan tinggi. Debit dari Sungai Cileungsi dan Cikeas, nanti jadi satu di Bekasi. Perlu dilakukan normalisasi sungai," ungkapnya kepada CNBC Indonesia ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (2/1/20).



Adapun proyek bendungan ini, dia belum memberikan bocoran secara lengkap. Yang jelas saat ini pihaknya masih melakukan kajian.

"Kita rencana kajian selesai tahun ini, mungkin paling cepat lelang di 2021 ya," imbuhnya.

Bendungan Ciawi dan Sukamahi jadi salah satu jurus anti banjir atau penanggulangan banjir DKI Jakarta dan sekitarnya oleh pemerintah pusat. Namun, di era Presiden Joko Widodo (Jokowi), proyek ini juga macet dan kini progres konstruksinya belum sampai 50%.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC), Bambang Hidayah, menjelaskan, proyek ini sempat macet karena ada kendala pembebasan lahan.

"Konstruksinya sedang percepatan. Lahannya [mayoritas] baru bebas sebelum lebaran kemarin. Baru ngebut [konstruksi] setelah lebaran kemarin," ungkapnya kepada CNBC Indonesia ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Secara rinci, pekerjaan fisik Bendungan Ciawi saat ini mencapai 44%, sedangkan Bendungan Sukamahi baru 35%. Adapun progres pembebasan lahan, kini Bendungan Ciawi mencapai 92,12% dan Sukamahi 90,31%.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading