Terminal 4 Bandara Soetta Bakal Pakai Banyak Robot?

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
29 December 2019 14:35
Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta akan dimulai 2021.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan kick off rangkaian persiapan design pembangunan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (29/12/2019).

Setelah ini, AP II dan KSO Karya Bersama Nusantara akan merumuskan desain menyeluruh Terminal 4 dalam waktu 18 bulan ke depan. Rumusan itu mencakup desain perencanaan teknis, struktur pembiayaan, dan desain penataan keseluruhan operasional terminal di bandara tersebut.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pembangunan Terminal 4 secara fisik baru akan dilakukan 2021. Pembangunan terminal dengan luas 400 ribu meter persegi itu ditargetkan tuntas tiga tahun kemudian.


"Terminal 4 ini nantinya menjadi terminal penumpang pesawat terbesar di Indonesia dengan kapasitas mencapai 40 juta penumpang per tahun," kata Awaluddin seperti dikutip dari detik.com, Minggu (29/12/2019).

Hal menarik yang membuat Terminal 4 berbeda dari terminal pendahulu adalah akan ada pelayanan menggunakan teknologi berbasis robot. Alasannya lantaran terminal ini merupakan yang terbesar dibanding tiga terminal lain. 



Awaluddin menyebutkan inovasi teknologi yang akan dilakukan diantaranya melalui pemanfaatan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan), internet of things (IoT), big data analytics, roboting, automation, virtual reality (VR) hingga augmented reality (AR).

"Melalui pengembangan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Angkasa Pura II akan ikut mendorong kinerja sektor kebandarudaraan dan industri penerbangan nasional ke level yang lebih tinggi dari sekarang, tidak berkutat di hal-hal konvensional. Kita ingin mewujudkan era baru berbasis infrastruktur digital di pelayanan kebandarudaraan," ujarnya.

Kemudian, AP II juga mengagendakan untuk merevitalisasi dua terminal lain, yakni Terminal 1 dan 2, sekaligus meningkatkan kapasitas menjadi masing-masing 20 juta penumpang per tahun. Jika selesai, maka total daya tampung Bandara Soetta mencapai 100 juta penumpang.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Anak Buah Luhut: Investor Inggris Minat Kelola Bandara Soetta


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading